Peta Politik Pilkada Kotim Belum Final, Bongkar Pasang Paslon Masih Memungkinkan

pilkada kotim ilustrasi
Ilustrasi

Apabila Gerindra memberikan dukungan terhadap Halikinnor-Suprianti, petahana Bupati Kotim itu tetap mulus melenggang, meski PDIP, partai yang dipimpinnya di Kotim memberikan dukungan untuk calon lain.

Adapun arah dukungan Gerindra sendiri belum diketahui sepenuhnya, mengingat kans Sanidin-Siyono mendapat rekomendasi juga sangat besar.

Bacaan Lainnya

Pun demikian dengan PDIP, yang belum mengeluarkan informasi apa pun sosok yang akan diusung. Dua nama kadernya, Halikinnor dan Irawati, memiliki peluang sama besar. Bahkan, tak menutup kemungkinan keduanya masih kembali dipasangkan.

Sekretaris DPC PDIP Kotim Alexius Esliter mengatakan, PDIP akan segera mengumumkan bakal calon yang diusung. Meski tanpa koalisi, partainya bisa mengusung paslon sendirian.

”Yang pasti, injury time akan disampaikan siapa yang akan diusung PDIP dan ini akan jadi kejutan politik yang ditunggu-tunggu,” kata Alexius.

Alexius menegaskan, PDIP Kotim akan mengusung kader terbaiknya, seperti Halikinnor atau Irawati yang saat ini sudah terdaftar sebagai bakal calon di PDIP.

Baca Juga :  Sopir Taksi Online Bersimbah Darah Setelah Dikeroyok Penumpangnya

Pendaftaran Pasangan Calon Pilkada Kotim

Sementara itu, kepastian pasangan calon yang akan maju baru jelas saat pendaftaran di KPU Kotim yang dijadwalkan selama tiga hari pada 27-29 Agustus 2024.

”Tanggal 27 sudah mulai pendaftaran untuk bakal calon bupati dan wakil bupati. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan hari terakhir akan dibuka sampai pukul 23.59 WIB,” kata Rifqi Nasrulah, Ketua KPU Kotim, Minggu (25/8).

Rifqi menuturkan, masa pendaftaran dilaksanakan selama tiga hari. Dia menyarankan bakal calon mendaftar sejak awal, apalagi jika sudah mengantongi rekomendasi B1KWK dari partai politik pengusungnya.

Di sisi lain, Rifqi mengungkapkan, pihaknya belum ada menerima konsultasi dari bakal calon terkait pendaftaran tersebut. ”Kalau dari bakal calon belum ada. Hanya ada dari partai yang bertanya persyaratan ke help desk KPU Kotim,” katanya. (ang/ign)



Pos terkait