Pilkada Kotim Penuh Kejutan, Bubarnya Harati Kian Pasti, Halikinnor – Suprianti Rambat Tinggal Menunggu Keputusan PDIP

ilustrasi pilkada
Ilustrasi Pilkada

SAMPIT, radarsampit.com – Dinamika politik jelang pilkada di Kabupaten Kotawaringin Timur diwarnai kejutan besar. Bubarnya pasangan Halikinnor-Irawati (Harati) kian pasti setelah keluarnya rekomendasi partai. Petahana justru berpasangan dengan eks lawannya pada pilkada sebelumnya, Suprianti Rambat.

Rekomendasi terhadap Halikinnor-Suprianti pertama kali dikeluarkan Partai Nasdem. Baru beredar ke publik Selasa (20/8/2024) malam lalu. Hal itu sekaligus menjawab sepak terjang Halikinnor dan Irawati saat pendaftaran ke partai yang tak sepaket. Keduanya jalan sendirian memburu kepastian maju.

Bacaan Lainnya

Rekomendasi dari Nasdem diterima langsung Halikinnor. Sekretaris DPD Nasdem Kalteng Mukarramah membenarkan partainya memberikan rekomendasi tersebut. ”Harapannya, tentu kepala daerah yang diusung Partai Nasdem bisa menang dalam pilkada 2024 ini,” katanya.

Belum diketahui alasan rekomendasi itu justru jatuh pada Halikinnor-Suprianti, bukan pasangan Harati yang dinilai sejumlah kalangan bakal lebih mudah memenangkan Pilkada Kotim.

Baca Juga :  Ujang Iskandar Segera Disidang di Pengadilan Tipikor Palangka Raya

Apalagi Halikinnor dan Suprianti bukan kader Nasdem. Halikinnor merupakan Ketua DPD PDIP Kotim, sementara Suprianti kader Gerindra.

Di sisi lain, empat tahun lebih menjabat bersama Halikinnor, Irawati memiliki pendukung militan yang tak bisa diremehkan. Apalagi dia sering terjun langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Informasi dihimpun, partai mengeluarkan rekomendasi dengan berbagai pertimbangan. Selain elektabilitas, kekuatan lobi juga menentukan rekomendasi. Sejumlah bakal calon sebelumnya diketahui berada di Jakarta selama beberapa hari untuk mengamankan tiket melenggang ke pesta demokrasi.

Kepastian Halikinnor-Suprianti kian menguat setelah partai besar lainnya dikabarkan akan memberikan dukungan, yakni Demokrat. Hal itu berdasarkan undangan dari DPP Demokrat yang beredar secara berantai melalui pesan WhatsApp.

Dalam undangan itu, Demokrat disebutkan akan mengumumkan pasangan calon yang diusung Jumat (23/8/2024) besok. Juga tertulis nama yang akan didukung, yakni Halikinnor-Suprianti Rambat.



Pos terkait