PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip saat Presiden Jokowi Kunjungi Kalteng

jokowi 1
Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan di Pasar Temenggoeng Djaja Karti, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis, 27 Juni 2024. Sumber Foto: https://www.presidenri.go.id

BANJARBARU, radarsampit.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) sukses menghadirkan listrik tanpa kedip saat kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo ke Kalimantan Tengah. Hal ini tidak luput dari persiapan matang yang dilakukan oleh PLN untuk menyambut kedatangan pemimpin Indonesia yang ketujuh ini.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin dalam keterangannya di Banjarbaru mengatakan, lokasi-lokasi yang menjadi pusat kunjungan acara mendapatkan suplai listrik dengan pengamanan berlapis.

Bacaan Lainnya

“Untuk memastikan keamanan pasokan, PLN telah menyiapkan pengamanan suplai listrik berlapis di lokasi kunjungan kerja Presiden selama berada di Provinsi Kalimatan Tengah, dengan suplai utama dari jaringan PLN,” ujarnya pada Kamis (27/6/2024).

jokowi 2
PLN UID Kalselteng menyiapkan 10 unit uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 6 hingga 250 kilo Volt Ampere (kVA), genset mobile total daya hampir 5.000 kVA, enam Gardu Induk prioritas, serta 135 Personel untuk memastikan pasokan listrik tanpa kedip saat kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Kalimantan Tengah pada 26-27 Juni 2024.

Disebutkan Joharifin, pengamanan suplai listrik didukung sebanyak 135 personel siaga tersebar pada lokasi kunjungan, serta ratusan personel yang juga standby di Gardu Induk Prioritas kunjungan RI 1.

Baca Juga :  Sukabumi Diguncang Gempa, Aktivitas Inilah Pemicunya

“Terdapat enam Gardu Induk yang ekstra siaga, yakni Gardu Induk (GI) Amuntai, GI Buntok, GI Palangka Raya, GI Kasongan, GI Sampit serta GI Bagendang. Kemudian, di_back up_ oleh 10 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan kapasitas 6 hingga 250 kilo Volt Ampere (kVA),” tutur Joharifin.

Selain itu, PLN juga menyiapkan sebelas unit genset mobile dengan total daya hampir 5.000 kVA yang tersebar di seluruh lokasi kunjungan, sambungnya.

PLN menerapkan siaga kelistrikan didukung petugas siaga 24 jam dan bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP) serta menggunakan teknologi Automatic Transfer Switch (ATS) untuk mengamankan suplai listrik jika terjadi gangguan.



Pos terkait