Polri Siapkan Pengamanan Ekstra untuk Sambut Kedatangan Paus Fransiskus

PAUS FRANSISKUS
Warga berjalan di depan dekorasi bergambar Paus Fransiskus yang terpasang di Gereja Katedral Jakarta, Minggu (1/9/2024). Gereja Katedral Jakarta menyiapkan dekorasi khusus untuk menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 dan mengunjungi Katedral pada 4 September 2024. FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

Kunjungan Paus Fransiskus kali ini cukup spesial. Karena sudah berjarak 35 tahun dari kunjungan Paus sebelumnya. Menurut catatan sejarah, Indonesia tiga kali dikunjungi Paus. Pertama adalah kunjungan Paus Paulus VI pada 1970 silam.

Paus Paulus VI adalah Pemimpin Gereja Katolik pertama yang menginjakkan kaki di Indonesia. Tepatnya pada 3-4 Desember 1970. Kedatangan Paus Paulus VI disambut antusias oleh masyarakat Indonesia.

Bacaan Lainnya

Bahkan, Presiden Soeharto saat itu menyambut langsung Paus Paulus VI ketika mendarat di Bandara Kemayoran pada 3 Desember 1970.

Kunjungan Paus berikutnya adalah Paus Yohanes Paulus II pada 1989 lalu. Saat berada di Indonesia selama lima hari (9-14 Oktober) 1989 itu, Paus Yohanes Paulus II sempat berkeliling menemui umat Katolik di Jakarta, Yogyakarta, Maumere, Dili (kini menjadi bagian Timor Leste), dan Medan. (wan/jpg)



Baca Juga :  Ini Penyebab Publik Terlalu Mudah Terprovokasi

Pos terkait