PPK dan PPS Kabupaten Kobar Ikuti Orientasi Tugas dan Bimtek

apel kpu kobar
PENGECEKAN: Ketua KPU Kobar Chaidir mengecek pasukan pada apel pembukaan Orientasi Tugas dan Bimtek Pilkada Kalteng dan Pilkada Kobar, Selasa (11/6/2024). (SYAMSUDIN/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengikuti orientasi tugas dan Bimbingan teknis (Bintek) untuk Pilkada Kalteng dan Pilkada Kotawaringin Barat.

Kegiatan tersebut digelar sejak 11-13 Juni 2024 di sport center Jalan Samari, Pangkalan Bun, Selasa (11/6/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar Chaidir mengatakan, orientasi tugas badan ADHOC yang digelar ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kalteng.

”Mengapa ini kami laksanakan? Kami, KPU berpikiran bahwa kawan-kawan PPK dan PPS perlu dibekali di samping pengetahuan kepemiluan, tetapi juga fisik yang memadai. Karena pelaksanaan pilkada ini membutuhkan energi yang luar biasa,” kata Chaidir pada acara pembukaan kegiatan.

Dia menegaskan, KPU ingin membangun soliditas, baik dari tingkat PPS maupun PPK sampai KPU. ”Kita harus solid. Pelaksanaan pilkada ini pasti akan banyak tekanan. Pasti akan banyak ajakan untuk terlibat, maka kita perlu membangun soliditas,” ujar Chaidir.

Baca Juga :  Gubernur Cek Persiapan MTQH XXXI Tingkat Provinsi Kalteng di Pangkalan Bun

Sebagai penyelenggara, lanjutnya, selain solid juga harus kompak. Dalam arti punya tujuan yang sama menyukseskan pilkada serentak di Kobar.

”Dengan kekompakan, maka setengah dari keberhasilan, termasuk dalam pilkada ini. Harus satu pikiran, satu tujuan, tidak boleh punya tujuan masing-masing,” katanya.

Menurutnya, suksesnya pilkada berpengaruh terhadap pemerintahan di Kobar maupun Kalteng nantinya. Penyelenggara mempunyai tugas yang berat, karena membentuk suatu pemerintahan.

”Kita tidak boleh jadi pemain, tidak boleh jadi bagian permainan itu sendiri. Kita sebagai panitia harus netral,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa mengatakan, Pemkab Kobar dalam hal ini bertugas untuk mendukung dan menyiapkan anggaran. Untuk di Kobar, persiapan sudah cukup baik. Harapannya, pilkada bisa berjalan dengan lancar.

”Tugas kami mensuport, termasuk masalah anggaran. Kami siap mendukung jalannya Pilkada Kobar. Semua elemen masyarakat mari kita bersama-sama ikut berperan aktif mengawasi jalannya pilkada agar berjalan sesuai aturan,” katanya. (sam/sla)



Pos terkait