PPPK Boleh Ikut Seleksi CPNS 2024 Tanpa Harus Mengundurkan Diri, Cek di Sini Syaratnya

seleksi pna
SERIUS: Sejumlah peserta tes CPNS di Kalteng dengan ketika mengerjakan soal dengan sistem CAT.

Adapun untuk SKD tahun ini, MenPANRB menetapkan, tes akan terdiri dari tiga jenis. Yakni, tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Masing-masing tes tersebut memiliki nilai ambang batas masing-masing. Untuk nilai ambang batas TWK sebesar 65, TIU 80, dan TKP 166.

Aturan ini tapi tidak berlaku bagi peserta yang mendaftar pada penetapan kebutuhan khusus. Seperti lulusan cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, putra/putri wilayah Papua, dan putra/putri daerah tertinggal.

Bacaan Lainnya

Untuk kelompok peserta kebutuhan khusus ini, passing grade yang ditetapkan mencakup, lulusan cumlaude dengan nilai kumulatif SKD paling rendah 311 dan nilai TIU paling rendah 85.

Kemudian, diaspora, nilai kumulatif SKD paling rendah 311 dan nilai TIU paling rendah 85; penyandang disabilitas, nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan nilai TIU paling rendah 60.

Baca Juga :  Pemko Palangka Raya Terus Berinovasi untuk Pelayanan Publik

Lalu, untuk putra/putri wilayah Papua, nilai kumulatif SKD ditetapkan paling rendah 286 dan nilai TIU paling rendah 60. Sedangkan, untuk putra/putri daerah tertinggal, ditentukan bahwa nilai kumulatif SKD paling rendah 286 dan nilai TIU paling rendah 60.

Nantinya, peserta diberikan waktu 130 menit untuk mengerjakan soal-soal saat tes SKD. Ada 110 butir soal pada tes SKD, yang terdiri dari 30 TWK, 35 TIU, dan 45 TKP.

”Nilai SKD yang diperoleh peserta seleksi pengadaan PNS tahun anggaran 2024 berlaku sampai dengan seleksi pengadaan PNS satu periode berikutnya,” ungkapnya.

Namun, bila peserta mengikuti SKD kembali di seleksi pengadaan tahun depan maka nilai SKD tahun sebelumnya dinyatakan tidak berlaku.

Nah, bagi calon peserta yang ingin mendaftar seleksi CPNS maka diharuskan membuat akun SSCASN di website Sscasn.bkn.go.id. Kemudian, isi persyaratan dan lengkapi data-data yang dibutuhkan dalam laman tersebut. (mia/jpg)



Pos terkait