Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Akhirnya Resmi jadi Presiden dan Wapres

presiden dan wapres
Presiden Prabowo Subianto Wapres Gibran Rakabuming

JAKARTA, radarsampit.com – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akhirnya resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Ke-8 dan Wapres ke-14 Indonesia periode 2024-2029.

Pelantikan mereka berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, di gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Bacaan Lainnya

Dalam Sidang Paripurna MPR RI yang dipimpin Ketua MPR Ahmad Muzani Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Di bawah kitab suci Alquran, Prabowo yang mengenakan setelan berwarna biru malam terlebih dahulu mengucapkan sumpah yang kemudian diikuti oleh Gibran.

Pada sidang yang juga dihadiri oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ke-13 RI Ma’ruf Amin turut berdiri kala Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah.

Kemudian, prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh presiden, wakil presiden, dan pimpinan MPR.

Baca Juga :  Mantan Kades Kerabu Diduga Korupsi Rp 586 Juta Lebih

Kemudian berita acara pelantikan yang telah ditandatangani diserahkan oleh pimpinan MPR kepada presiden dan wakil presiden.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk presiden dari Jokowi ke Prabowo, diikuti pertukaran tempat duduk Ma’ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Prabowo dan Gibran menggantikan posisi Jokowi dan Ma’ruf Amin yang telah menjabat pada periode 2019-2024. Prabowo resmi menjabat Presiden ke-8 RI dan Gibran sebagai Wapres ke-14 RI.

Pada sesi penyampaian pidato pertama Presiden Ke-8 RI, Prabowo mengawali dengan menyapa presiden dan wakil presiden sebelumnya yang turut hadir menyaksikan pelantikan.

Dalam pidatonya, Prabowo menekankan, dalam waktu beberapa tahun ke depan harus melakukan swasembada pangan, agar Indonesia tidak bergantung dari luar.

Jenderal 73 tahun ini juga mengimbau bekerja untuk rakyat, bukan untuk diri sendiri, kerabat, ataupun pemimpin.

Usai pelantikan nanti, Prabowo-Gibran akan melakukan iring-iringan dari Gedung Parlemen ke Istana Negara, Jakarta Pusat. Prabowo-Gibran akan menyapa warga di sepanjang jalan menuju Istana. (*)



Pos terkait