Programkan Satu Rekening Satu Pelajar, Disdik Palangka Raya Ajarkan Literasi Keuangan

disdik palangka raya
KEBERSAMAAN: Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani bersama sejumlah pelajar dalam satu kegiatan, belum lama ini.

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat terus mewujudkan pelaksanaan program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar dengan memberikan kemudahan akses kepada layanan keuangan, sehingga setiap pelajar memiliki rekening bank.

Bacaan Lainnya

Program Kejar ini bagi pelajar di jenjang PAUD, SD, dan SMP, baik dari sekolah negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani mengharapkan, program ini dapat membangun kebiasaan menabung sejak dini dan mendukung inklusi keuangan yang lebih luas.

Ia menekankan pentingnya percepatan program ini dan menginstruksikan setiap satuan pendidikan untuk segera mendata pelajar yang belum memiliki rekening tabungan.

“Program Kejar ini merupakan bagian dari komitmen kita untuk memastikan bahwa setiap pelajar memiliki akses ke layanan keuangan sejak dini,” ujarnya, Rabu (11/9).

Baca Juga :  Terlilit Utang Koperasi, Janda Nekat Gantung Diri

Jayani melanjutkan, dalam upaya mendukung program ini, sekolah-sekolah didorong menjalin kerja sama dengan bank pelaksana tabungan Simpanan Pelajar (Simpel), guna memfasilitasi pembukaan rekening bagi pelajar yang belum memiliki tabungan.

Dirinya juga menegaskan agar sekolah-sekolah yang telah memiliki program menabung, segera mengalihkan simpanan tersebut ke tabungan pelajar di bank konvensional penyelenggara Simpel.

“Diharapkan setiap satuan pendidikan dapat berinovasi dalam melaksanakan program Kejar dan wajib mengirimkan dokumentasi pelaksanaan program ke bidang pembinaan masing-masing.

Pengawas sekolah juga diinstruksikan untuk memantau dan mengawasi optimalisasi program ini di sekolah-sekolah binaan mereka, guna memastikan hal itu berjalan baik,” paparnya.

Jayani juga menekankan pentingnya program ini untuk masa depan generasi muda Kota Palangka Raya. Menurutnya Program Kejar merupakan satu langkah strategis untuk mendorong literasi keuangan di kalangan pelajar.

“Dengan akses yang lebih baik ke layanan perbankan, dapat menciptakan generasi yang lebih melek finansial dan siap menghadapi tantangan ekonomi di masa depan,” tukasnya.



Pos terkait