Puluhan Napi Lapas Sampit Jalani Skrining HIV – AIDS

lapas
PEMERIKSAAN: Warga binaan di Lapas Kelas IIB Sampit saat menjalani skrining HIV/AIDS. (Istimewa)

SAMPIT, radarsampit.com – Sebanyak 25 warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas IIB Sampit, mengikuti skrining HIV/AIDS yang digelar Petugas Kesehatan Puskesmas Ketapang I dan pihak Lapas. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularannya di lingkungan penjara.

Pelaksanaan skrining dilakukan dengan memeriksa sampel darah. Tes ini mencari antibodi dan antigen HIV dalam darah pasien. Antigen merupakan bagian dari virus HIV yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Bacaan Lainnya

Sebelum diambil sampel darahnya, terlebih dahulu dilakukan konseling terhadap warga binaan. Konseling dilakukan untuk membantu persiapan pemeriksaan dan antisipasi terhadap hasil tes. Hal itu agar warga binaan memahami dan bisa lebih bertanggung jawab pada kesehatan diri dan risiko penularan apabila hasilnya positif.

Dokter Klinik Pratama Lapas Sampit Kaharudin mengatakan, pelaksanaan skrining dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan penularan HIV di lingkungan Lapas Kelas IIB Sampit.

Baca Juga :  Jadi Korban Kejahatan, Jangan Ragu Melapor ke Polisi

”Apabila hasil skrining diketahui ada indikasi warga binaan menderita HIV, kami akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah warga binaan yang dicurigai benar sakit HIV atau tidak,” jelasnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Sampit Meldy Putera berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan. Hal itu dinilai bermanfaat untuk Lapas sampit dan warga binaan. (ang/ign)



Pos terkait