Puluhan Rakit Bambu Ikuti Festival Balayah Lanting

balayah lanting
WISATA: Festival balayah lanting atau bamboo rafting kembali digelar di Sungai Delang, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Minggu (23/7).    

NANGA BULIK, radarsampit.com – Event tahunan festival balayah lanting atau bamboo rafting kembali digelar di Sungai Delang, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Minggu (23/7). Festival ini diikuti oleh perwakilan forkopimda, sekretaris daerah, kepala OPD, kecamatan dan sejumlah organisasi.

Ratusan warga ikut terjun ke Sungai Delang yang bersih dan berarus deras. Selain menggunakan rakit bambu yang telah dihias sedemikian rupa, banyak pula yang memilih menggunakan perahu karet. Sekitar 70 rakit diterjunkan untuk mengikuti festival ini.

Bacaan Lainnya

“Sektor pariwisata menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lamandau. Melalui pariwisata, dapat kita eksplorasi untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Bupati Hendra Lesmana.

Diperlukan peran serta masyarakat dan seluruh pihak dalam mengelola dan mempromosikan pariwisata. Hendaknya festival balayah lanting yang diadakan setiap tahun ini dikembangkan dan menjadi nilai tambah pariwisata sehingga mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Lamandau.

Baca Juga :  Perayaan HPN Bersamaan dengan Festival Babukung Lamandau

Festival balayah lanting dimulai di Desa Lopus dan finish di Desa Nyalang. Masyarakat antusias melihat festival yang diadakan setiap tahun ini. “Semoga ke depan kegiatan ini bisa semakin besar dan mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” harapnya.

Bupati Hendra Lesmana dan istrinya Rusdianti Hendra Lesmana turut serta berpartisipasi menyusuri sungai  dengan rakit bambu dalam Festival Balayah Lanting tahun 2023 ini. (mex/yit)

 

 

 



Pos terkait