Rangkaian di Mina Rampung, Jemaah Mulai Kembali ke Hotel

PPIH Persiapkan Layanan Pemulangan Jemaah

1 boks
Suasana kota mina yang dijuluki sebagai kota seribu tenda di dunia sebagai tempat mabit jutaan umat muslim dari tanggal 10 zulhijjah hingga 13 zulhijjah untuk melontar jumrah, foto Jumat 30 Juni 2023

Kondisi di Mina mulai longgar. Pasalnya, jemaah haji yang mengambil Nafar Awal kembali ke hotel sejak kemarin (30/6/2023). Sementara itu, jemaah yang mengambil Nafar Tsani meninggalkan Mina hari ini (1/7/2023). Petugas juga menyiapkan proses pemulangan jemaah ke tanah air yang dimulai 4 Juli nanti.

======================

Perkembangan pergerakan jemaah haji di Mina itu disampaikan Kepala Satuan Operasi Mina Harun Al Rasyid. Pemberangkatan jemaah yang meninggalkan Mina dilakukan dalam dua gelombang. Yakni, pukul 05.00–09.00 dan pukul 13.00–16.00 waktu setempat.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, sekitar 50 persen jemaah haji Indonesia mengambil Nafar Awal. Jadi, mereka bisa mulai meninggalkan Mina sejak kemarin. ’’Panitia menyiapkan lima bus per maktab,’’ ujarnya kemarin. Harun menuturkan, bus-bus sudah terparkir di depan maktab sehingga memudahkan pengangkutan jemaah.

Dia pun mengimbau para ketua kloter untuk mengarahkan jemaah menuju pintu maktab. Proses itu harus sesuai dengan jadwal yang diberikan kepada setiap kloter. Dengan begitu, jemaah tak perlu menunggu lama untuk naik ke bus.

Baca Juga :  Jualan Narkoba, Haji Gaul di Kalteng Ini Akhirnya Masuk Penjara

Di sisi lain, petugas masih menyusun skema untuk pendorongan jemaah yang mengambil Nafar Tsani. Petugas akan mengumumkan jadwal pemberangkatan jika sudah ditetapkan. Sebagaimana diketahui, jemaah berada di Mina sejak 10 Zulhijah atau 28 Juni lalu. Pada 9 Zulhijah atau 27 Juni, mereka melakukan wukuf di Arafah.

Sementara itu, usai bermalam di Muzdalifah beberapa waktu lalu, sejumlah jemaah haji mengeluh sakit di bagian perut setiba di Mina. Saat ini mereka ditangani di pos kesehatan (poskes) Mina. Poskes Mina mulai beroperasi pada 9 Zulhijah pukul 18.00 WAS. Pasien pertama 10 Zulhijah 01.30 WAS dari kloter JKG 11. ’’Poskes Mina kami siapkan lebih awal untuk mengantisipasi jemaah sakit setelah bermalam di Muzdalifah,’’ ungkap Kasi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Tafsin Alfarizi.

Pada 11 Zulhijah atau 29 Juni pukul 16.00 WAS, poskes Mina melayani 243 jemaah. Sebanyak 30 jemaah dirujuk ke RS Mina Alwadi, RS Mina Al Jaysir, dan KKHI Makkah. Dari pasien yang masuk, mayoritas mengalami heatstroke sebanyak 51 kasus, ISPA 24 kasus, dan fatigue/kelelahan 23 kasus.



Pos terkait