Rangkaian di Mina Rampung, Jemaah Mulai Kembali ke Hotel

PPIH Persiapkan Layanan Pemulangan Jemaah

1 boks
Suasana kota mina yang dijuluki sebagai kota seribu tenda di dunia sebagai tempat mabit jutaan umat muslim dari tanggal 10 zulhijjah hingga 13 zulhijjah untuk melontar jumrah, foto Jumat 30 Juni 2023

Pesan itu disampaikan Jubir PPIH Pusat Akhmad Fauzin di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, kemarin. Dia mengatakan, setiba di hotel dari Mina, masih ada rangkaian rukun dan wajib haji yang harus dilakoni jemaah. Yakni, pelaksanaan tawaf ifadah dan sa’i di Masjidilharam. Dilanjutkan dengan Tahallul Tsaani atau tahalul kedua.

’’Rangkaian tawaf ifadah dan sa’i membutuhkan ketahanan fisik yang prima. Khususnya bagi jemaah lansia atau berisiko tinggi,’’ tuturnya. Jemaah sebaiknya tidak memaksakan ke Masjidilharam selama bus salawat belum beroperasi. Fauzin mengatakan, bus salawat bakal kembali beroperasi pada 2 Juli. Untuk layanan katering di Makkah, akan kembali beroperasi pada 4 Juli.

Bacaan Lainnya

Fauzin juga mengingatkan, seiring dengan selesainya prosesi lempar jumrah di Mina, kondisi di Makkah atau Masjidilharam bakal kembali padat. Jemaah dari penjuru dunia berkumpul di Masjidilharam untuk menuntaskan proses haji. Dia menegaskan, pembimbing ibadah di setiap kloter harus memastikan jemaahnya menuntaskan proses lontar jumrah. Juga, memastikan pelaksanaan tawaf ifadah dan sa’i di Masjidilharam.

Baca Juga :  Ingin Umroh atau Haji? Daftar Saja ke Alkamila Tour dan Travel

Di sisi lain, Ketua PPIH Arab Saudi M. Subhan Cholid menyampaikan rencana pemulangan jemaah haji. Jemaah mulai dipulangkan pada 4 Juli. Salah satu kegiatan yang tak boleh dilupakan adalah penimbangan koper bagasi jemaah. Koper bagasi akan ditimbang dua hari sebelum jadwal kepulangan ke tanah air. ’’Jadi, 2 Juli sudah dilakukan penimbangan barang,’’ tuturnya.

Subhan mengingatkan, ada sejumlah ketentuan terkait barang bawaan yang harus dipahami jemaah. Dia berharap maskapai Garuda dan Saudia Airlines aktif melakukan sosialisasi kepada para jemaah.

Salah satu ketentuannya, berat maksimal koper bagasi hanya 32 kg. Ada juga beberapa barang yang dilarang dibawa atau dimasukkan ke koper bagasi. Misalnya, dilarang memasukkan air zamzam. (wan/mia/c18/ttg)

 



Pos terkait