Rapat Paripurna Perdana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur

Para Menteri Bingung Cari Kursi, Jokowi Sebut Tinggal di IKN Bisa Bikin Awet Muda

Rapat di IKN
PERDANA: Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma’aruf Amin memimpin rapat kabinet perdana di IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh menteri, Jaksa Agung, Kapolri, Panglima TNI, hingga Kepala BIN untuk berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024). Agenda utamanya adalah rapat paripurna perdana di IKN, tepatnya di ruang rapat lantai empat Istana Garuda.

======

Bacaan Lainnya

Karena baru pertama mengadakan rapat di IKN, sebagian menteri terlihat sibuk mencari namanya yang ditempel di balik kursi.

”Hayo cari kursi masing-masing. Jangan geser!” seloroh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas kepada para menteri.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono juga tampak bingung. Beruntung, Menpora Dito Aryotedjo menunjukkan namanya. Kursi keduanya bersebelahan.

Dalam pengantarnya, Jokowi menjelaskan bahwa IKN dibangun dengan konsep forest city. Penuh dengan tumbuhan hijau. IKN juga menerapkan prinsip-prinsip smart city, yakni kota yang ditopang teknologi dalam setiap aktivitasnya.

”Juga liveable city, kota yang nyaman ditinggali,” ungkapnya.

Jokowi menyebutkan, indeks kualitas udara di IKN punya nilai 6. “Sehingga saat saya keluar kamar tadi pagi, langsung terasa udaranya segar sekali,” ucapnya.

Baca Juga :  Siap-siap! Polri Bakal Gelar Operasi Patuh Jaya 2024

Menkes Budi Gunadi menyebut, kualitas udara di IKN jauh lebih baik dari kota-kota besar di dunia. Misalnya, Singapura yang indeks kualitas udaranya di kisaran 54. Bahkan Oslo yang digadang sebagai kota terbersih pun, nilainya 30.

”Ini bisa membuat lebih awet muda,” ucapnya.

Dia berkelakar jika Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan dan Menkumham Yasona Laoli senang datang ke IKN.

Namun, tidak semua menteri pernah ke IKN. Trenggono baru pertama kali menjejakkan kaki di IKN. Dia sempat diwawancara oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Dalam kunjungan perdananya ini, dia mengaku senang. Namun dia punya satu permintaan.

”Ini kurang lapangan golf,” ujarnya.

Menkeu Sri Mulyani juga berbagi pengalamannya tidur di Hotel Nusantara. Pada Minggu malam, seluruh menteri memang menginap di Hotel Nusantara.

Hotel itu baru selesai dibangun dan rencananya menopang operasional selama perayaan 17-an. ”Masih bau cat,” ucapnya.



Pos terkait