Ratusan Ribu Surat Suara Tiba, KPU Kotim Rekrut Tenaga Pelipat

logistik pilkada kotim
BARU TIBA: Kedatangan logistik surat suara Pilkada Kotim di Gudang Logistik KPU, Stadion 29 November, Jumat (25/10) dini hari.

SAMPIT, radarsampit.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menerima logistik Pilkada 2024 berupa surat suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Kotim. Logistik itu diterima sekitar pukul 02.15 WIB, Jumat (25/10).

Surat suara Pilbup Kotim sebanyak 318.028 termasuk tambahan 2,5 persen, ditambah 2.000 surat suara untuk pemilihan suara ulang (PSU) dikirim menggunakan jasa ekspedisi PT Indah Jaya Expres dari Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya dikirim melewati jalur darat menuju Gudang Logistik di Stadion 29 November.

Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi mengatakan, surat suara Pilbup Kotim dibawa ke Sampit melalui jalur darat menggunakan truk yang tergabung dengan surat suara milik Kabupaten Katingan.

”Tadinya surat suara untuk Kotim digabung dengan Kabupaten Pulang Pisau, Palangka Raya, dan Katingan. Karena surat suara milik Pulang Pisau hanya sedikit, jadi dibawa menggunakan mobil, sedangkan surat suara milik Palangka Raya bergabung dengan pengiriman surat suara Gumas, sehingga surat suara Kotim hanya gabung dengan Katingan,” ujarnya.

Baca Juga :  Kuala Kapuas Membara, Empat Bangunan Terbakar

Dia melanjutkan, DPT Kotim yang sudah ditetapkan berjumlah 309.973. Sesuai aturan, surat suara yang datang untuk Pilbup Kotim sudah sesuai kebutuhan sebanyak 318.028, termasuk tambahan 2,5 persen, ditambah 2.000 surat suara untuk PSU.

Adapun surat suara Pilkada Kalteng diperkirakan tiba pada 27 Oktober 2024. ”Dikirim melewati Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya melalui jasa ekspedisi,” ujarnya.

Lebih lanjut Rifqi mengatakan, sembari menunggu kedatangan surat suara Pilkada Kalteng, pihaknya akan merekrut tenaga kerja yang akan ditugaskan melakukan pelipatan surat suara.

”Proses peliputan suara Pilbup dan Pilgub akan dilaksanakan bersamaan dalam waktu dekat ini,” ujarnya. (hgn/ign)



Pos terkait