Ratusan Warga PSHT Kotim Lakukan Donor Darah Massal

PSHT Donor Darah
DONOR DARAH : Ketua PSHT Cabang Kotim saat mendonorkan darahnya bersama ratusan warga PSHT lainnya di UDD PMI Kotim Jalan Jenderal Ahmad Yani, Sabtu (29/6/2024) (Heny/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah melaksanakan donor darah massal dalam rangka pengesahan warga PSHT baru yang akan dilantik 27 Juli di Werra Resort Hotel Sampit.

“Sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya anggota warga PSHT baru di Kotim yang akan dilantik 27 Juli 2024 bulan depan. Kami melaksanakan donor darah di UDD PMI yang diikuti 309 pendaftar,” kata Susanto Ketua PSHT Cabang Kotim saat diwawancarai Radar Sampit, Sabtu (29/6/2024).

Bacaan Lainnya

Anggota warga baru yang nantinya akan dilantik berjumlah 784 orang. Mereka yang akan dilantik telah melalui tahapan seleksi yang dilaksanakan pada 22-23 Juni 2024 lalu.

“Dari 1.500 pendaftar, yang lolos seleksi dan siap dilantik ada 784 orang. Sementara yang lain tidak lolos seleksi karena beberapa faktor dilihat dari kesehatan fisik, keaktifan, pemahaman senam jurus, mental kepribadian dan umur minimal perempuan 15 tahun dan laki-laki 16 tahun,” ujar pria berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA) Kepala Unit (Kanit) Pengamanan Objek Vital Polres Kotim.

Baca Juga :  Mampu Bawa UMKM Jateng Mendunia

Untuk diketahui, mulanya PSHT bukanlah organisasi silat melainkan sebuah perkumpulan bernama Sedulur Tunggal Kecer yang didirikan oleh Ki Ageng Ngabehi Soerodiwirjo pada 1903.

Namun, dalam perkembangannya dibentuk organisasi Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC) yang sekarang berubah PSHT yang didirikan di Desa Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur pada tahun 1922 oleh Ki Hajar Hardjo Oetomo (1888 – 1952), seorang pahlawan Perintis Kemerdekaan RI.

Kini PSHT sudah berkembang di 300 cabang Se-Indonesia dan di 37 negara. Sedangkan, PSHT di Kotim baru masuk pada tahun 1987 dan disahkan pada tahun 1988 yang sekarang sudah memiliki 26 cabang tersebar di Kotim dengan jumlah 25.000 warga PSHT Kotim.

“Ketua cabang pertama alm Sudomo Abdul Fatah, kemudian digantikan Dandun, ketiga digantikan Nandung dan keempat saya,” ucap Susanto yang sudah menjadi Ketua PSHT Cabang Kotim sejak tahun 2017 hingga sekarang.



Pos terkait