Sangat Mungkin Ada Tiga Paslon yang Bertarung di Pilkada Kotim  

ilustrasi pilkada serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

SAMPIT, radarsampit.com – Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kemungkinan besar diikuti tiga pasangan calon. Mereka adalah Halikinnor-Irawati, Sanidin-Siyono, dan Muhammad Rudini- Paisal Darmasing.

Halikinnor-Irawati diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Demokrat, Perindo dan PKB. Awalnya koalisi ini merekomendasikan nama pasangan Halikinnor-Suprianti Rambat. Namun, gagalnya Suprianti menggaet dukungan Gerindra membuatnya tersingkir dan digantikan Irawati.

Bacaan Lainnya

Sekretaris DPC Demokrat Kotim SP Lumban Gaol membenarkan bahwa rekomendasi B1KWK parpol berubah dari pasangan Halikinnor-Suprianti Rambat menjadi Halikinnor-Irawati. Perubahan dukungan hanya pada posisi wakil, dan surat rekomenjasi sudah diserahkan kepada Irawati.

Sementara itu, Sanidin-Siyono memastikan sudah mengantongi dukungan dari Gerindra, PKS, dan Golkar. Keduanya akan melakukan deklarasi di Gedung Serbaguna Sampit, Rabu (28/8/2024). Deklarasi  akan dihadiri pendukung dan simpatisan partai  pengusung.

“Deklarasi Rabu pagi, kemudian mengantarkan pasangan calon ke KPU Kotim untuk didaftarkan,” kata Ary Dewar,  tim pemenangan Sanidin-Siyono.

Baca Juga :  Polda Kalteng Ringkus Enam Budak Sabu

Sementara itu Muhammad Rudini yang digadang-gadang bakal berpasangan dengan Paisal Darmasing hanya diusung oleh PAN. Pasangan ini diuntungkan oleh Keputusan Mahkamah Konstitusi yang menurunkan jumlah persentasi perolehan suara Pileg yang menjadi ambang batas syarat pencalonan pilkada. PAN memperoleh suara 11,46 persen dalam Pileg 2024 di Kotim, sehingga bisa mengusung jagoannya sendiri tanpa koalisi.

Sekretaris DPD PAN Kotim Ayu Paramitha belum membeberkan siapa yang akan  mendampingi Muhamad Rudini. “Nanti akan disampaikan dan didelakasikan siapa yang akan jadi wakilnya,” kata Ayu. (ang/yit)

 



Pos terkait