Saptoyogo Purnomo Catatkan Sejarah, Raih Medali Pertama Indonesia di Paralimpiade Paris 2024   

paraolimpiade
BANGGA : Atlet Para Atletik Indonesia Saptoyogo Purnomo, yang berhasil meraih medali perak di ajang Paralimpiade Paris 2024.

Saptoyogo Purnomo berhasil mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di Paralimpiade Paris 2024. itu sekaligus menjadi medali pertama Indonesia di ajang Paralimpiade Paris 2024.

Atlet para-atletik tersebut berhasil mencatatkan waktu 11,26 detik di partai final nomor 100 meter putra klasifikasi T37, pada Sabtu (31/8/2024) pukul 01.00 dini hari WIB di Stade de France, Paris.

Bacaan Lainnya

Medali tersebut merupakan peningkatan prestasi dari Paralimpiade 2020, di mana saat itu dirinya mendapatkan medali perunggu. Pada ajang kali ini, Saptoyogo Purnomo sebenarnya juga diberikan target yang sama seperti empat tahun silam.

Perjuangan Saptoyogo dimulai saat babak kualifikasi, Jumat (30/8/2024) sore WIB. Dia meraih urutan ketiga dengan catatan waktu 11,35 detik di belakang dua wakil Brasil yaitu Ricardo Gomes de Mendonca (11,07 detik) dan Edson Cavalcante Pinheiro (11,33 detik).

Baca Juga :  ASTAGA!!! Ketidaktahuan Warga Dimanfaatkan Pengedar Narkoba di Sampit

Saat final, atlet asal Jawa Tengah itu memperbaiki catatan waktunya menjadi 11,26 detik. Catatan waktu tersebut sekaligus memecahkan rekor Asia yang dibuatnya saat Asian Paragames 2022. Yaitu dengan perolehan waktu 11,28 detik.

Perasaan tidak percaya diri sempat dirasakan Saptoyogo sebelum partai final di Stade de France, Paris.

“Saya sempat down karena menghadapi lawan-lawan baru, dan saya tidak tahu tentang catatan waktu terbaik mereka. Tetapi saya tetap bertekad untuk melakukan yang terbaik agar bisa meraih medali ini,” ucapnya yang melansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Sabtu (31/8/2024).

Hujan yang sempat mengguyur arena pertandingan juga membuat khawatir atlet berusia 25 tahun itu. Menurut dia, kondisi tersebut juga dapat mengganggu kinerja otot tangan dan kaki karena udara dingin.

Dukungan keluarga juga menjadi salah satu motivasinya. Salah satunya adalah sang istri yang menyaksikan pertandingan melalui live streaming.

Apalagi, Saptoyogo saat ini sedang bersiap untuk menanti kelahiran anaknya yang saat ini berusia empat bulan kandungan. Usai pertandingan, dia langsung menghubungi istrinya.



Pos terkait