Sejumlah Drainase Kota Tersumbat Lumpur dan Sampah

drainase tersumbat
DRAINASE: Personel Balakar Huma Singgah Itah Mendawai saat membersihkan sampah di drainase Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Baru, Sabtu (18/11/2023). (SULISTYO/RADAR PANGKALAN BUN)

PANGKALAN BUN, radarsampit – Drainase di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) secara berkala harus dibersihkan, bila tidak siap-siap air hujan akan meluap karena mampet.

Bukan hanya tersumbat oleh sampah, namun sedimentasi lumpur mengakibatkan pendangkalan, ketidakpedulian masyarakat yang membuang sampah di selokan masih menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk mengedukasinya.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah selokan di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Baru yang pada saat hujan airnya tidak mengalir. Drainase ini bermuara ke Sungai Buun yang kemudian mengalir ke DAS Arut.

Respon cepat Balakar Huma Singgah Itah Kelurahan Mendawai yang mensikapi laporan masyarakat segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pembersihan dan penyemprotan sampah dan pasir dengan air bertekanan tinggi.

“Tidak cukup sehari membersihkan gorong-gorong yang mampet, karena drainase tertutup oleh sampah dan lumpur, sangat sulit dibersihkan,”  terang anggota Balakar Huma Singgah Itah, Mendawai, Agung, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga :  Diduga Depresi, Pria Nyaris Tenggelam di Sungai Arut

Menurutnya, drainase yang berada di bawah jalan aspal tersebut sangat sulit dibersihkan, bukan hanya menggunakan mesin penyemprot mereka juga menggunakan cangkul untuk menaikan lumpur ke atas.

Lanjut dia, sementara ini hanya ada satu drainase yang dilaporkan mampet namun ia menduga banyak drainase yang sudah saatnya dibersihkan. Bila tidak maka bila hujan banjir akan menggenangi lingkungan sekitar.

Diakuinya, sampah plastik dan botol minuman serta kayu yang menyumbat drainase adalah akibat masyarakat yang membuang sampah sembarangan. “Saya berharap agar sampah jangan dibuang ke selokan karena akan fatal akibatnya, terlebih saat ini hujan sudah kerap turun,” pungkasnya (tyo/sla)

 

 

 

 



Pos terkait