Sembunyi di Dapur Warga, Biawak Sempat Berontak saat Ditangkap

biawak
EVAKUASI: Petugas mengamankan biawak yang masuk rumah warga di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Minggu (1/9/2024).

KUALA PEMBUANG, radarsampit.com – Tim Animal Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Seruyan mengevakuasi seekor biawak sepanjang satu meter lebih. Satwa liar tersebut bersembunyi di dapur rumah warga di Jalan Ais Nasution, Kuala Pembuang.

”Kejadian dilaporkan Haji Anang. Menurut laporannya ada biawak masuk dan bersembunyi di belakang rumahnya dan meminta kami untuk menangkap,” kata Abdul Hadi, Tim Regu 2 Animal Rescue DPKP Seruyan, Minggu (1/9/2024).

Bacaan Lainnya

Hadi melanjutkan, setelah tiba di lokasi, pihaknya langsung melakukan penyisiran. ”Kita temukan biawak itu di area bawah meja, tempat barang perabotan rumah tangga. Biawak itu mau lari dan bersembunyi, namun langsung kami tangkap,” katanya.

Pihaknya sempat kewalahan menaklukkan biawak tersebut. Perlu waktu sekitar 11 menit hingga akhirnya bisa dievakuasi. ”Biawaknya sempat memberontak. Kami sempat kewalahan dan hampir terkena serangan buntutnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Peredaran Narkoba di Kotim Disebut Paling Subur di Kalteng

Setelah berhasil diamankan, biawak tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Selanjutnya dilepasliarkan ke habitat yang jauh dari lokasi permukiman warga. (rdw)

 



Pos terkait