Siap – Siap! HET Beras Bakal Naik Bulan Depan

pedagang beras
HARGA NAIK: Harga beras di Sampit ikut mengalami kenaikan yang terjadi secara nasional. (DOK.HENY/RADAR SAMPIT)

Dia mengatakan, walau HET beras naik namun tentunya tidak bisa memuaskan semua pihak. Petani sebenarnya lebih terpengaruh dengan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah. Kenaikan HPP gabah dilakukan bertahap.

”Dulu HPP gabah Rp 4.200, lalu naik Rp 5 ribu. Kini HPP gabah Rp 6 ribu. Tapi, petani bisa jadi inginnya Rp 7.200. tapi, kita juga harus pertimbangkan konsumen atau masyarakat juga,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi memproyeksikan bahwa harga beras dalam beberapa waktu ke depan memang akan sulit untuk turun. Menurut Bayu, jika ingin harga beras turun, maka harus ada gelontoran produksi beras dari dalam negeri yang bisa menyebabkan seimbangnya permintaan dan pasokan.

”Biasanya sulit dikembalikan kalau sudah sempat naik, kecuali ada keadaan yang sangat luar biasa di mana panennya luar biasa banyak, besar maka supply demand-nya bisa terjaga atau seimbang,” ujar Bayu.

Baca Juga :  Bulog Kalteng Pastikan Stok Beras Aman saat Ramadan

Selanjutnya, sambung Bayu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), meski ada panen raya produksi beras diproyeksi akan turun pada Juni tahun ini. ”Kalau dilihat data BPS, Juni saja sudah defisit lagi. Jadi saya duga sulit untuk harga kembali (turun ke harga nornal, red),” tambah Bayu. (idr/agf/jpg)



Pos terkait