SMAN 1 Pangkalan Bun Jadi Wakil Kalteng di Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional

perpustakaan
VISITASI: Tim juri lomba perpustakaan tingkat nasional saat visitasi ke Perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMAN 1 Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (1/8/2024). ISTIMEWA/RADAR PANGKALAN BUN

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) lakukan visitasi Perpustakaan Ki Hajar Dewantara SMAN 1 Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng, Kamis (1/8/2024) kemarin.

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut lomba perpustakaan tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui bahwa ada 30 perpustakaan sekolah/madrasah wakil terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang telah ditetapkan menjadi peserta lomba tingkat nasional yang terdiri dari 4 klaster.

Visitasi dan penilaian ini dilakukan untuk memvalidasi keaslian bukti dukung serta meninjau langsung program perpustakaan yang berdampak terhadap peningkatan kecakapan literasi siswa serta bersinergi dengan program pembelajaran merdeka.

Perpustakaan SMAN 1 Pangkalan Bun menjadi salah satu nominasi pada Klaster III sebagai wakil terbaik dari Provinsi Kalimantan Tengah dalam Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Nasional Tahun 2024.

Terdapat 6 peserta lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tahun 2024 di Klaster III.

Semuanya tersebar di beberapa wilayah antara lain Perpustakaan SMAN 1 Pangkalan Bun di Provinsi Kalimantan Tengah, Perpustakaan Ibnu Rusyd MAN 1 Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo, Perpustakaan SMA 4 Negeri 4 Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, Perpustakaan SMA Sukma Bangsa Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, Perpustakaan SMK Negeri 1 Kalabahi Provinsi Nusa Tenggara Tinggi dan Perpustakaan SMA Negeri 4 Berau Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga :  Selama 2022, Polres Lamandau Gagalkan Penyelundupan 8,2 Kilogram Sabu ke Kalteng

Tim Juri yang terdiri dari Hendro Wicaksono, Pakar Sistem Otomasi Perpustakaan, Analis Data dan Informasi Kemendikbud Ristek RI dan Hanna Chaterina George, Pakar Literasi Informasi, Presiden Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) dengan didampingi oleh Tim Perpusnas RI, Agus Wahyudi dan Yunan Satia Kusumah. Selain itu, hadir Dispursip Provinsi Kalteng, Dikbud Kabupaten Kobar, Kadispursip Kobar, M. Rosihan Pribadi beserta Tim Pustakawan.

Salah satu juri lomba Hanna Chaterina George menyampaikan bahwa lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional sudah rutin dilaksanakan oleh Perpusnas RI dengan tujuan memberikan apresiasi atas pengembangan perpustakaan sekolah khususnya SLTA di Indonesia.



Pos terkait