Tak Kuat Tanggung Beban Hidup, Kurir Jastip Nekat Gantung Diri

Sempat Tulis Wasiat Sebelum Bunuh Diri 

Gantung Diri
BUNUH DIRI: Unit Inafis Satreskrim Polresta Palangka Raya mengevakuasi jenazah pria yang ditemukan tewas gantung diri di sebuah rumah, Kamis (29/08/2024). ISTIMEWA/RADAR PALANGKA

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Perbuatan tak patut ditiru dilakukan pria inisial R (36) warga jalan Agung, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Dia memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri, Kamis (29/08/24).

Dia ditemukan menggantung dengan posisi leher terjerat tali plastik nylon. Tidak ada unsur dugaan pidana kematian R. Diduga kuat, aksi nekat R karena tertekan dan tak kuat menanggung beban kehidupan.

Bacaan Lainnya

Kasus itu kini dalam penyelidikan aparat Kepolisian dan dipastikan, kematian R murni karena bunuh diri.

Wakasat Satuan Reskrim Polresta Palangka Raya AKP Faisal Firman Gani mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi saat olah tempat kejadian perkara (TKP).

R ditemukan sudah meninggal dunia akibat diduga melakukan gantung diri dengan kondisi leher jenazah tergantung di kusen kayu garasi menggunakan seutas tali nylon.

”Hasil olah TKP, kami bersama personel dan Unit Inafis Satreskrim memastikan murni bunuh diri,” ucapnya.

Baca Juga :  10 September Diperingati Sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia

Faisal menambahkan, dugaan gantung diri pun diperkuat dengan hasil pemeriksaan visum yang dilakukan pihak medis yakni dr. Ricka Brillianty Zaluchu Sp.KF, terhadap jenazah saat dievakuasi ke RSUD Doris Sylvanus, Jalan Tambun Bungai, Palangka Raya.

“Hasil pemeriksaan visum menerangkan bahwa tidak ada ditemukan tanda-tanda kekerasan di seluruh bagian tubuh, sehingga dinyatakan meninggal dunia murni akibat gantung diri di TKP. Hal itu dilihat dari tanda-tanda seperti penekanan pembuluh darah arteri, sinus karotis pada area leher, pecahnya pembuluh darah pada area wajah serta keluarnya air seni atau sperma pada kemaluan,” bebernya.

Faisal menambahkan, jenazah pertama kali ditemukan sudah tidak bernyawa oleh rekannya sesama kurir jastip di rumah yang biasa dijadikan tempat beristirahat.

Diduga penyebab gantung diri karena masalah keluarga dan rumah tangga, karena R sempat menuliskan surat wasiat di buku saku.

“Jenazah sudah kami serahkan ke pihak keluarga. Dari hasil visum tidak ditemukan adanya tanda kekerasan. R diperkirakan telah meninggal dunia 4 jam sebelum ditemukan,” pungkasnya. (daq/fm)



Pos terkait