Tak Mau Kalah dengan Kotim, 11 Sekolah di Kobar Raih Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri

sekolah adiwiyata
MEMBANGGAKAN: Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Piala Adiwiyata Mandiri di arak keliling Kota Pangkalan Bun, Kamis (3/10)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Sebelas sekolah dari satuan pendidikan sekolah dasar, menengah dan atas di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) berhasil menyabet penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional diraih oleh SDN 5 Madurejo, SDN 8 Madurejo, SDS 015 Best Agro, SMAN 1 Kumai, dan SMPS Bumitama.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk penerima piala Sekolah Adiwiyata Mandiri diraih oleh SMPS Indah Makmur, SDN 2 Sidorejo, SMP Negeri 2 Pangkalan Lada, SDS Bumitama, SDN 2 Mendawai, dan SDS Harapan Sejahtera.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat (Kobar) Fitriyana menyampaikan, penghargaan Adiwiyata adalah salah satu upaya yang efektif dalam mengedukasi dan mensosialisasikan tentang pentingnya menanamkan gerakan berbudaya dan peduli lingkungan sejak dini.

“Ke depan, kita memiliki aset generasi muda atau penerus bangsa yang mampu membangun negara dengan mengutamakan aspek keberlanjutan,” ujarnya.

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan semakin banyak sekolah di Kobar yang termotivasi untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam kegiatan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Sudah Tua Bukannya Tobat, Kakek Biadab Perkosa Bocah Berkebutuhan Khusus

Fitriyana memaparkan, ada enam aspek yang dinilai dalam Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan, yaitu mengurangi sampah plastik, memilah sampah, mendaur ulang sampah, menanam dan memelihara pohon, mengurangi penggunaan atau hemat listrik, air, kertas, mengonsumsi makanan sehat yang tidak mengandung pewarna, pengawet, perasa dan lain-lain.

“Sebaiknya mengkonsumsi makanan lokal atau tradisonal, selain itu piket kebersihan dan gotong royong,” tukasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa juga mendapatkan penghargaan sebagai  kepala daerah yang mendukung gerakan Sekolah Adiwiyata.

Dikatakannya, Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan tertinggi untuk kategori sekolah yang menerapkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan bisa dilanjutkan ke tingkat internasional yaitu Asean Eco School atau program yang membantu sekolah untuk berperan dalam melestarikan lingkungan di Asia Tenggara, selanjutnya Adiwiyata Mandiri mendapat piala dan piagam.



Pos terkait