Tanamkan Kecintaan Lagu Daerah Melalui Lomba Paduan Suara

open utama
FOTO BERSAMA: Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor, dewan juri, serta panitia foto bersama dengan juara lomba paduan suara Mars Habaring Hurung, Kamis (25/1/2024). (YUNI/RADAR SAMPIT)

”Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan positif untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter melalui seni suara serta untuk menanamkan kecintaan pada lagu daerah,” tuturnya.

Ketua panitia penyelenggara Suharlianti Sarwo Oboi mengatakan, lomba itu untuk memupuk rasa tanggung jawab dan disiplin sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi dan pelajar.

Bacaan Lainnya

Memperkenalkan kepada generasi muda bahwa Mars Habaring Hurung merupakan lagu wajib yang diperdengarkan pada berbagai upacara atau kegiatan di Kotim.

”Kegiatan ini juga bertujuan menjalin rasa persahabatan antarpeserta melalui bidang seni, khususnya paduan suara. Serta mencintai budaya Indonesia melalui menyanyikan lagu daerah Kotim dan memupuk rasa cinta daerah melalui lagu-lagu yang bernuansa daerah,” ujarnya.

Kepala DPPPAPPKB Kotim Imam Subekti saat membuka kegiatan tersebut mengharapkan, melalui lomba dapat mengimplementasikan nilai yang ada dalam lagu yang menceritakan tentang filosofi habaring burung, motto hidup bermasyarakat di Kotim yang menjunjung tinggi budaya persatuan dan gotong royong.

Baca Juga :  Pakai Obat Kuat Tak Manjur, Istri Curiga Senjata Suami Dipakai dengan Wanita Lain

”Mari kita jadikan lomba paduan suara ini sebagai langkah awal sekaligus momentum yang sangat berharga bagi kita untuk menyosialisasikan dan melestarikan seni budaya khususnya Mars habaring Hurung di Kotim,” katanya.

Berdasarkan hasil keputusan dewan juri, Juara Harapan III jatuh pada SMAN 1 Kotabesi, Harapan II SMAN 1 MHU, Harapan I SMKN 1 Kotabesi, kemudian juara III MAN Kotim Plus Keterampilan, Juara II SMAN SMAN 1 Sampit (Grup A) dan juara I SMAN 1 Sampit (Grup B). Para pemenang berhak atas uang pembinaan, trophy dan piagam.

Ketua Dewan Juri Hardelan mengatakan ada beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian yang dilakukan oleh dewan juri. Para pemenang adalah mereka atau tim yang memenuhi dari beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian dari dewan juri.

”Penilaian tidak hanya berdasarkan satu aspek, yang kami nilai ada beberapa aspek, kalau satu aspek saja yang bagus tapi yang lainnya belum mencapai kriteria, otomatis tidak bisa kita menang,” ujarnya.



Pos terkait