Tanggal 1 Oktober Diperingati Sebagai Hari Apa Saja, Cek Daftarnya di Sini

monumen pancasila sakti
Monumen Pancasila Sakti

Radarsampit.com – Di Indonesia tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Tanggal ini dipilih untuk mengenang peristiwa bersejarah yaitu peristiwa G30S/PKI (Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia) yang terjadi pada tahun 1965.

Pada peristiwa tersebut, terjadi upaya kudeta yang mengancam ideologi negara dan keutuhan bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Setelah peristiwa tersebut, Pancasila ditegaskan kembali sebagai satu-satunya dasar negara Indonesia.

Oleh karena itu, tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk memperingati dan menghormati nilai-nilai luhur Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, yaitu:

Mengingat kembali sejarah: Peringatan ini mengingatkan kita akan perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi negara.

Meneguhkan kembali nilai-nilai Pancasila: Peringatan ini menjadi momen untuk meneguhkan kembali komitmen kita terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Menumbuhkan rasa nasionalisme: Peringatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada generasi muda.

Selain Hari Kesaktian Pancasila, tanggal 1 Oktober juga diperingati untuk berbagai momen di dunia.

Baca Juga :  Desak KPK Seret Pemberi Suap Bupati Kapuas dan Istri

Hari Vegetarian Sedunia: Peringatan ini bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup vegetarian dan kesadaran akan pentingnya melindungi hewan.

Hari Lanjut Usia Internasional: Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghormati dan memperhatikan kebutuhan para lansia.

Hari Musik Internasional: Peringatan ini bertujuan untuk merayakan musik sebagai bentuk seni yang universal dan dapat menyatukan berbagai kalangan. (*)



Pos terkait