Targetkan Partisipasi Pemilih di Atas 80 Persen 

KPU Kotim
START: Bupati Kotim Halikinnor saat melepas peserta jalan sehat Pemilu Damai yang terpusat di Taman Kota Sampit, Minggu (10/12/2023). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Muhammad Rifqi menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang lebih dari 80 persen.

“Terkait dengan presentasi pemilih pada pemilu 2019 lalu, partisipasi pemilih mencapai 74,64. Sekarang kita targetkan partisipasi pemilih diatas 80 persen bahkan mencapai 90 persen,” ujar Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi disela kegiatan jalan sehat pemilu damai di Taman Kota Sampit, Minggu (10/12/2023).

Bacaan Lainnya

Pihaknya berharap masyarakat bersama-sama dengan pemerintah daerah dan juga KPU sebagai penyelenggara termasuk rekan media untuk menyosialisasikan Pemilu ini kepada masyarakat. “Untuk mencapai target itu banyak hal yang kita lakukan terutama pendidikan politik kepada masyarakat, sosialisasi yang kita tingkatkan juga,” tuturnya.

Hal lainnya Kata Rifqi adalah bagaimana mengawal daftar pemilih masyarakat. Pihaknya juga terus menyosialisasikan pada masyarakat, bahwa masyarakat harus terdaftar sebagai pemilih untuk dapat datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

Baca Juga :  Poliklinik di RSUD dr Murjani Tak Operasional Selama Lebaran

“Kalaupun misalnya belum terdaftar karena sesuatu dan lain sebagainya bisa menggunakan KTP elektronik. Ketika hari H pada 14 Februari 2024 nanti masyarakat bisa datang ke TPS menggunakan KTP elektroniknya sebagai daftar pemilih khusus,” terangnya.

Terkait dengan kegiatan jalan sehat dalam rangka Pemilu damai, Rifqi menyebut kegiatan tersebut tidak hanya digelar di Kotim saja, melainkan digelar secara serentak di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Kegiatan jalan sehat ini sebagai pengganti dari deklarasi Pemilu damai, sehingga tema besar yang diangkat melalui jalan sehat ini bagaimana kita sama-sama mengajak masyarakat untuk menciptakan pemilu yang damai,” tuturnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga pihaknya ingin mengingatkan pada masyarakat bahwa Pemilu akan digelar tidak lama lagi, yakni pada 14 Februari 2024.  “Mari sama-sama kita gunakan hak pilih datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya,” ucapnya.



Pos terkait