Terdengar Ledakan Keras Jelang Subuh Hari, Ternyata Satu Rumah Kosong Terbakar

kebakaran rumah kosong
BERJIBAKU : Petugas gabungan dan relawan pemadam kebakaran, saat berupaya memadamkan api yang melalap sebuah rumah di Jalan Rajawali III Palangka Raya, Sabtu (21/9) sekitar pukul 03.00 WIB, dini hari.

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Kebakaran bangunan kembali terjadi di Kota Palangka Raya. Kali ini mengganggu ketenangan warga di Jalan Rajawali III, sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, Sabtu (21/9).

Amukan api itu melahap sebuah rumah kayu berbentuk panggung yang dalam keadaan kosong sudah cukup lama. Belum pasti diketahui ada penyebab kebakaran, namun kobaran api sempat terlihat membumbung hingga membuat panik ratusan warga di daerah padat pemukiman tersebut.

Bacaan Lainnya

Informasi dihimpun dari warga sekitar, beberapa saksi pertama kali ada mendengar seperti ledakan kecil kemudian mendengar lagi ledakan kedua. Lalu warga  keluar rumah dan melihat bangunan rumah tidak berpenghuni itu di sebelahnya sudah muncul api dari bawah.

Sementara ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang, dan kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga :  Pergantian Tahun di Kalteng Aman Kondusif

Salah satu warga sekitar bernama Gusti (68) mengatakan, di dalam rumah itu sempat terdengar dua kali suara ledakan, saat awal kebakaran. Lantaran curiga, ia pun keluar rumah dan awal mula api dari bagian bawah rumah panggung.

rumah terbakar
Api ketika melalap rumah tanpa penghuni itu

Namun ia tidak mengetahui kenapa hal tersebut bisa terjadi. ”Api cepat membakar rumah dan rumah itu memang dalam keadaan kosong. Pemicunya tidak diketahui,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya Sucipto mengatakan, api dengan cepat berkobar karena pondasi bangunan rumah itu dari kayu.

Ditegaskanya pula, penyebab sementara  kebakaran masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak berwenang dan pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa itu.

Sucipto juga mengungkapkan, dalam memadamkan api tersebut pihaknya juga dibantu beberapa anggota TNI, Polri pihak dinas kehutanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya, Satpol PP dan BPK Swakarsa serta Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK).



Pos terkait