Terdengar Suara Ledakan Menggelegar Disusul Kebakaran Hebat

Kebakaran Palangka Raya
BAHU MEMBAHU:Pemadaman api yang membakar sebuah rumah di Jalan Meranti Palangka Raya, melibatkan tim gabungan, kemarin (1/9/2024).

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Warga di Jalan Meranti Palangka Raya mendadak berlarian keluar rumah, lantaran sebuah bangunan yang dihuni seorang ustadz atas nama Abdul Halim terbakar, Minggu (1/9/2024).

Tidak diketahui pasti penyebabnya.  Namun sebelum api berkobar terdengar ada ledakan dan bagian atap mengeluarkan asap hingga api dengan cepat membesar. Diduga hal itu lantaran arus pendek atau korsleting listrik.

Bacaan Lainnya

Tak berapa lama petugas pemadam kebakaran setempat tiba di lokasi, hingga api bisa dipadamkan dengan cepat.

Pemadaman juga dibantu personel TNI/POLRI, BPBPK Provinsi Kalteng, Dinas Kehutanan, Dinas Pemadam Kebakaran dan  Penyelamatan Kota Palangka Raya, Satpol PP setempat, Dishub,TSAK Menteng, Pandulima dan BPK Swakarsa Kota Palangka Raya.

Koordinator Call Center 112 Palangka Raya Sucipto mengatakan, setelah kurang lebih selama 45 menit melakukan upaya pemadaman akhirnya api yang membakar bangunan tersebut dapat diatasi, dan tidak meluas ke bangunan lain.

Baca Juga :  Bawaslu Kobar Data APK Melanggar Aturan

Kemudian tim gabungan pun melakukan upaya pendinginan untuk memastikan api benar – benar mati total.

Pihaknya menduga terjadinya kebakaran ini akibat adanya arus pendek atau korsleting listrik di rumah tersebut dan kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Kita terima laporan dan langsung meluncur. Satu unit rumah  terbakar,” ungkap Sucipto.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun tidak banyak barang korban yang berhasil diselamatkan.

Sementara itu, pemilik rumah Abdul Halim mengatakan saat kejadian dia berada di kamar depan, tidak lama kemudian dia mendengar suara ledakan. Seketika itu ia lari keluar rumah dan melihat api tiba – tiba sudah ada di atap rumah. Tak banyak barang berharga berhasil diselamatkan.

“Saya dengar ledakan tiga kali dari ruang tengah rumah, setelah itu api dengan cepat membakar rumah saya,” tandasnya. (daq/gus)

 

 



Pos terkait