Terkadang Bikin Jengkel, Berikut Ini 4 Cara Hilangkan Jerawat di Wajah

jerawat
Ilustrasi orang yang sedang terkena jerawat. (everydayhealth)

Jerawat adalah kondisi pada wajah yang dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Sebagian orang bahkan merasa enggan keluar rumah untuk bertemu teman ketika sedang mengalami jerawat.

Munculnya jerawat disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang meningkatkan produksi sebum, yaitu pelumas berminyak pada kulit.

Menurut News Medical, gejala jerawat biasanya berupa bintik-bintik dan kulit berminyak, terutama di area wajah, punggung, dan dada. Jerawat umumnya muncul pada masa remaja dan dewasa, dengan sekitar 5 persen populasi Amerika mengalami kondisi ini setiap tahun.

Pengobatan untuk jerawat mencakup pemberian antibiotik oral dan salep topikal oleh dokter untuk mengurangi gejalanya. Pada beberapa kasus pada perempuan, pil kontrasepsi oral juga diresepkan untuk menstabilkan hormon.

Selain pengobatan medis, terdapat juga metode alami yang dapat membantu mengatasi jerawat, seperti minyak pohon teh yang memiliki sifat antimikroba untuk mengontrol kulit berminyak.

Echinacea Purpurea, yang memiliki sifat anti-inflamasi, juga dapat digunakan untuk meredakan jerawat. Kayu putih dan teh hijau juga diketahui memiliki efek antimikroba dan antiseptik yang membantu mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga :  Jangan Konsumsi 4 Buah Ini Saat Batuk Melanda

Disarankan untuk membersihkan wajah dengan sabun khusus dan mengikuti cara alami ini dengan hati-hati. Jika jerawat memburuk atau tidak membaik, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut. (jpc/sla)



Pos terkait