Terkendala Akses Menuju Lokasi, Tim Pemadam Karhutla Kotim Nekat Terjun ke Rawa-Rawa untuk Padamkan Api

Karhutla Kotim
MEMBARA: Kebakaran lahan di Jalan Ir Soekarno, lingkar utara Kota Sampit yang langsung ditangani tim BPBD Kotim, Selasa (13/8/2024).

SAMPIT, radarsampit.com – Lahan kosong di Jalan Ir Soekarno (jalur lingkar utara Kota Sampit) diamuk api tadi malam (13/8). Kebakaran tersebut langsung direspons Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Api menyala menerangi gelapnya malam. Dalam kondisi penerangan yang terbatas, tim pemadam menerjang rumput rawa sejauh sekitar 500 meter dari muara aspal jalan menuju titik lokasi.

Bacaan Lainnya

”Akses menuju titik lokasi cukup sulit. Mobil tangki pemadam tidak bisa masuk, sehingga tim harus menggunakan motor untuk menurunkan beberapa peralatan pemadam,” kata Multazam, Kepala Pelaksana BPBD Kotim yang juga turun ke lokasi.

Meski akses cukup sulit, sumber air mudah ditemui dari parit di sekitar lokasi. Upaya tim tak sia-sia. Kebakaran tersebut berhasil dikendalikan.

”Alhamdulillah, kebakaran lahan dapat dikendalikan. Di sekitar lokasi ada sumber air, sehingga pemadam bisa cepat menangani dengan  menurunkan sejumlah personel,” katanya.

Baca Juga :  Bakar Mimbar Masjid karena Kesal Ditegur

Menurut Multazam, penyebab kebakaran 99 persen terjadi akibat unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat tak bertanggung jawab.

”Itu karena unsur kesengajaan. Memang ada oknum masyarakat yang sengaja bakar lahan malam hari, di mana pada malam hari, konsentrasi dan pemantauan berkurang. Di situlah mereka beraksi,” katanya.

Pihaknya Kotim akan melakukan ground check menggunakan drone untuk mengukur luasan lahan yang terbakar. ”Kami harapkan kejadian ini tidak terulang dan personel kami semua tetap dalam kondisi sehat dan semangat dalam bertugas,” ujarnya. (hgn/ign)



Pos terkait