Terkendala Anggaran, 25 Penari Dayak Kalteng Tetap Semangat untuk Tampil di Istana Presiden

budaya
PENARI DAYAK : Tim Kesenian Isen Mulang Berkah akan tampil pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara. (DODI/RADAR PALANGKA)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Tim Kesenian Isen Mulang Berkah terus memantapkan persiapan mereka untuk tampil pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara.

Latihan rutin terus dilakukan sejak sebulan terakhir oleh 25 penari yang merupakan putra-putri Dayak dari beberapa sanggar tari di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bacaan Lainnya

Namun disisi lain, puluhan 25 penari Kalteng yang direncanakan tampil pada 17 Agustus 2024 di Istana Presiden terkendala dana untuk keberangkatan dan akomodasi.

Koordinator Tim Tari Kesenian Isen Mulang Berkah, Thoseng TT Asang menyusul makin mepetnya jadwal keberangkatan para penari ke Jakarta.

“Kendala sekarang ini terkait pendanaan yang didukung pemerintah. Pemerintah sudah bersedia menanggung biaya, namun belum ada tindak lanjut dari dinas terkait. Yang mana leading sektor adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng,” katanya, Kamis (1/8/24).

Ia menyebutkan, sudah sering melakukan koordinasi, namun seiring berjalan waktu belum ada komunikasi dan tahap lanjut terkait pendanaan. “Tanggal 10 sudah harus berangkat. Kami berharap Gubernur Kalteng melalui wakil gubernur bisa segera membantu menyangkut dana ini. Sementara pendanaan ditanggung sendiri,” terangnya.

Baca Juga :  Anggaran Belanja Internet Instansi di Pemkab Kotim Ternyata Sebesar Ini

Thoseng menambahkan, latihan terhadap penari sudah dilakukan sejak satu bulan terakhir dan kini hampir 90 persen sudah siap. Tinggal penyelesaian ke arah penghayatan dalam tarian.

Rencananya pada tanggal 5 Agustus 2024, para penari yang akan tampil di Istana Presiden akan melaksanakan uji pentas di depan Istana Isen Mulang.

“Kita mengangkat tarian Lewu Bagana Tungkat Penyang IKN. Mahaga Lewu Akan Esu Tambun Bungai. Tarian mengimplementasikan teman bagaimana Kalteng menyiapkan SDM untuk ikut terlibat langsung mengelola SDA guna penyangga IKN,” tuturnya.

Kata Thoseng, latihan Tim Kesenian Isen Mulang Berkah ini dipimpin oleh koreografer Benny M Tundan, Marini, dan Tris Sofia. Marini mengungkapkan bahwa persiapan sudah mencapai 85 persen dan tinggal pemantapan.

“Sampai hari ini persiapan kita sudah 85 persen dan kita tinggal pemantapan gerakan. Para penari yang ikut serta ini merupakan mereka yang telah memiliki jam terbang di masing-masing sanggar,” ujarnya.



Pos terkait