Tiba di Jakarta, Paus Fransiskus Mulai Lakoni Sejumlah Kegiatan

kunjungan paus fransiskus
Paus Fransiskus menerima karangan bunga yang diberikan oleh dua orang anak berpakaian tradisional, Mary Lourdes Wicaksono Atmojo dan Irfan Wael setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024). INDONESIA PAPAL VISIT COMMITTEE/ AGUS SUPARTO 03-09-2024

Di sela kunjungan kerja di Serang, Banten kemarin, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga merespon kedatangan Paus Fransiskus. Dia mengatakan seluruh bangsa Indonesia menyambut baik kunjungan pemimpin negara Vatikan tersebut.

’’Kunjungan itu bagian dari gerakan persaudaraan sedunia,’’ katanya. Ma’ruf menuturkan gerakan persaudaraan sedunia itu dicetuskan di Abu Dhabi beberapa waktu lalu. Gerakan tersebut meliputi aspek kemanusiaan dan persaudaraan.

Bacaan Lainnya

Ma’ruf mengatakan di dunia ini ada dua tokoh penting, yang diharapkan bisa mewujudkan perdamaian. Yaitu Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb dan Paus Fransiskus. Sebelumnya Grand Syekh atau Imam Akbar Al Azhar sudah berkunjung ke Indonesia. Kemudian saat ini disusul kunjungan Paus Fransiskus.

Ma’ruf menuturkan hadirnya Imam Akbar Al Azhar dan Paus Fransiskus, diharapkan dapat membangun persaudaraan dan persahabatan di seluruh dunia.

’’Apa pun agamanya. Ap apun bangsanya, itu semua menjadi saudara,’’ tuturnya. Dengan menjadi persahabatan dan persaudaraan dunia tersebut, diharapkan bisa menghentikan peperangan yang terjadi di sejumlah belahan dunia.

Baca Juga :  Diselamatkan Dari Hukuman Mati di Malaysia, Wilfrida: Prabowo Seperti Malaikat

Sementara Polri menyiapkan 9 kantong parkir untuk bus saat pelaksanaan Misa Agung Paus Fransiskus di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis besok (5/9). Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol Tjahyono Saputro sekaligus Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 menuturkan, penentuan kantong parkir dengan lokasi dari Gelora Bung Karno (GBK) dan akses keluar masuk bus disesuaikan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Sembilan kantong bis itu disiapkan menampung 1500 unit bus

”Sampai dengan saat ini, Polri sudah menerima data sementara bus per keuskupan sebanyak 1390 unit,” ujar Tjahyono kemarin (2/9).

Sembilan kantong parkir bus itu yakni, Lokasi parkir RNI/Aldiron dengan kapasitas 300 bus,  parkir Smesco berkapasitas 50 Bus, parkir PPK Kemayoran C3 untuk 300 Bus, parkir PPK Kemayoran (C4) dengan kapasitas 100 Bus, parkir PPK Kemayoran (D10)  untuk 150 Bus, parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII maksimal 200 Bus, parkir PPD Kramat Jakarta Pusat untuk 100 Bus, parkir Pool Transjakarta Cawang kapasitas maksimal 200 Bus, dan parkir Pool Trans Jakarta/ Kp. Rambutan untuk 100 Bus.



Pos terkait