Tiga Hari, Pendaftar CPNS Tembus Lebih dari 37 Ribu Orang

cpns
Ilustrasi. (net)

JAKARTA, radarsampit.com – Jumlah pendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) berstatus tidak memenuhi syarat (TMS) cukup banyak. Meski demikian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa pelamar yang dinyatakan TMS masih bisa mengajukan sanggahan.

Sesuai data resmi BKN sampai dengan Jumat (23/8/2024) pukul 14.00 WIB, pendaftar TMS sebanyak 2.497 orang. Jumlah tersebut setara dengan 6,6 persen pendaftar yang sudah submit. Selama tiga hari dibuka, jumlah pendaftar CPNS yang sudah submit sebanyak 37.761 orang.

Bacaan Lainnya

Plt Karo Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Vino Dita Tama mengatakan, secara sistem sampai kemarin belum diumumkan secara terbuka siapa saja pelamar yang dinyatakan TMS. ’’Nanti saat pengumuman hasil seleksi administrasi, disampaikan oleh masing-masing instansi kepada masing-masing pelamar,’’ kata dia, Sabtu (24/8/2024).

Vino mengatakan, setiap pelamar akan mengetahui apakah masuk kategori memenuhi syarat atau tidak melalui akun masing-masing. Yang memenuhi syarat bisa lanjut ke tahap berikutnya. Yaitu, tes kompetensi dasar.

Baca Juga :  Alfian Mawardi dapat Restu Gubernur untuk Maju Pilkada Kapuas

Sedangkan yang tidak memenuhi syarat bisa mengajukan sanggahan. ”Nanti sanggahan dibuka saat masuk masa sanggah,’’ terang dia.

Sesuai jadwal, masa sanggah itu berlangsung pada 18–20 September. Sedangkan jawaban atas sanggahan dikeluarkan pada 18–22 September. Artinya, jawaban sanggahan bisa sekaligus keluar atau menunggu masa pengajuan ditutup.

Menurut Vino, seiring berjalannya pendaftaran CPNS 2024, jumlah pendaftar mengalami peningkatan. ”Tetapi, jumlahnya masih wajar,’’ katanya. Pada pekan pertama pendaftaran, masyarakat atau calon pelamar masih cenderung membaca dan mempertimbangkan pilihannya.

Dia menerangkan, proses submit sendiri berarti pelamar sudah selesai mendaftar (resume). Sementara itu, masih banyak pelamar yang sebatas membuat akun, tetapi belum menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran. Bisa jadi karena pelamar wajib mengunggah sekian banyak berkas sampai proses klik resume di bagian akhir.

Proses pendaftaran dibuka sampai 6 September. Seleksi administrasi mulai 20 Agustus sampai 13 September. Hasil seleksi administrasi disampaikan pada 14–17 September. Jadwal komplet seleksi CPNS 2024 bisa dilihat langsung di website resmi BKN.



Pos terkait