Tiga Nama Menguat untuk Berebut Suara di Pilkada Kapuas

kapuas
M Junaidi Lumban Gaol

KUALA KAPUAS, radarsampit.com – Semakin mendekati pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Kapuas 2024, di sudut-sudut jalan Kota Kuala Kapuas cukup banyak baliho dan spanduk foto wajah, mereka yang bakal bersaing, untuk menjadi pemimpin daerah.

Beberapa orang diantaranya juga telah mengajukan lamaran pendaftaran kepada partai politik, dan saling klaim telah mendapat dukungan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, dari pandangan salah satu pengamat politik setempat M Junaidi Lumban Gaol, berdasarkan isu dukungan beberapa partai politik, diprediksi paling banyak ada 3 pasangan calon bupati/wakil bupati Kapuas yang akan memenuhi syarat dukungan untuk maju pilkada Kapuas 2024.

Ia pun mengerucutkan tiga nama yang berpeluang besar bakal bersaing nantinya, yakni M Wiyatno yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kalteng. Kemudian M Alfian Mawardi  yang masih menjabat Ketua KNPI Kalteng dan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi.

“Dua  kandidat dari kader PDI Perjuangan yang sudah sejak lama bersosialisasi yaitu M Wiyatno dan M Alfian Mawardi. Diperkirakan akan bertarung dengan perahu yg berbeda. Wiyatno yang juga bendahara DPD PDI-P Kalteng diyakini akan maju diusung parpol besutan Megawati Soekarnoputri ditambah PKB dan Nasdem, juga disebut bakal mengusung Wiyatno,” ujar M Junaidi, Minggu (28/7/2024).

Baca Juga :  Kompak! Komunitas Motor Kapuas Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Ia melanjutkan, kader PDI-P lainnya yaitu M Alfian Mawardi, yang juga anak dari M Mawardi Bupati Kapuas periode 2008-2013 itu, bakal maju dengan partai koalisinya Gerindra. Menurut Junaidi, banyak pihak yang memperkirakan Alfian akan didukung juga oleh PAN dan Demokrat.

Kemudian lanjut Junaidi, figur lainnya yang punya pengaruh cukup kuat dan elektabilitasnya melejit  belakangan terakhir adalah Pj Bupati Kapuas Erlin  Hardi.

“Pak Erlin ini punya kemungkinan kuat diusung  koalisi Golkar, PKS dan PSI. Uniknya PNS yang sekian lama berkarir di Kabupaten Pulang Pisau itu juga banyak didukung ormas besar. Salah satunya Serikat buruh Federasi Kehutanan industri Umum Perkayuan Perkebunan dan Pertanian KSBSI Kabupaten Kapuas,” bebernya.



Pos terkait