Tim Penggerak PKK Kotim Gelar Seminar Kesehatan Peringati Hari Lansia Nasional ke-28

Hari lansia
HARI LANSIA: Bupati Kotim Halikinnor bersama para lansia merayakan peringatan Hari Lansia Nasional ke-28 di Rujab Bupati Kotim Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jumat (22/6/2024) siang.

“Kita bersyukur atas diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, yang memandatkan kementerian dan lembaga untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera, mandiri, dan bermartabat,” kata Halikinnor, Jumat (22/6/2024) siang.

Berdasarkan data Susenas Agustus 2023 menunjukkan bahwa 11,75 persen penduduk Indonesia adalah lanjut usia. Angka ini meningkat dari 10,48 persen pada tahun 2022, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk lanjut usia terbesar ke-8 di dunia.

Bacaan Lainnya

“Peningkatan ini mencerminkan kualitas hidup yang semakin baik di Indonesia, dan patut kita syukuri karena kita bisa berkumpul lebih lama dengan orang tua kita,” katanya.

Di Kabupaten Kotim, angka harapan hidup berdasarkan data BPS tahun 2021 adalah 69,85 tahun.

“Jika di antara bapak dan ibu yang hadir hari ini berusia di atas 70 tahun, kita harus lebih bersyukur karena standar usia hidup di Indonesia rata-rata 69 tahun, apabila di atas itu berarti termasuk lansia sehat,” katanya.

Baca Juga :  VIRAL! Video Pengakuan Ketua KONI Kotim Setelah Jadi Tersangka Korupsi

Halikinnor jadi teringat kebersamaannya bersama orang tuanya yang hanya berlangsung singkat. Orang tuanya tak dapat menemani perjalanan karir Halikin hingga sekarang sukses menduduki puncak karir sebagai Bupati Kotim.

“Kelas 4 SD mama meninggal dan 10 tahun kemudian Abah meninggal, makanya jika mengingat orang tua sedih rasanya. Mana tahu orang tua, saya sekarang bisa menjadi Bupati. Makanya, bagi kalian yang masih memiliki orang tua sayangi dan hormatilah orang tua kalian dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai bersuara nyaring atau menyangkiti hati orang tua,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca teringat orang tuanya yang sudah lebih dulu meninggal mendahuluinya.

Lebih lanjut  Halikin mengatakan, sesuai dengan tema hari lanjut usia tahun 2024, “Lansia terawat, Indonesia bermartabat”, keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat perlu terus mengusahakan agar para lansia terawat dengan baik.

Penting untuk memberikan kesibukan yang menunjang aktivitas motorik, dan melibatkan mereka dalam kegiatan sosial dan keagamaan. Lingkungan keluarga harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi lansia untuk mendapatkan kebahagiaan, karena lansia lebih bahagia bersama keluarga.



Pos terkait