Tugas Berat KPU Dongkrak Partisipasi Rakyat di Pilkada Serentak

KPU Kotim
BAGIAN DARI EDUKASI: Jalan sehat yang digelar KPU Kotim sebagai upaya mendongkrak partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 yang dilaksanakan November mendatang, Minggu (2/6/2024) di Taman Kota Sampit. (Heny/Radar Sampit)

Karya Vidya Ashadaqah itu meraih juara 1 dan ditetapkan KPU Kotim sebagai maskot Pilkada Kotim 2024. Menurut Rifqi, Si Kantang telah memenuhi aspek penilaian yang syaratnya harus mencantumkan identitas dan ciri khas daerah. Hal itu dibuktikan Vidya dengan memilih nanas yang merupakan buah khas Kota Sampit yang banyak dibudidayakan petani Sampit.

Si Kantang merupakan singkatan dari Kanas Gantang (Kantang). Filosofinya, buah ini memiliki ciri banyak mata yang mengartikan sosok pemimpin daerah harus mampu melihat disemua sisi. Nanas juga memiliki mahkota berwarna hijau di bagian atasnya, yang mengartikan azas pemilu yang harus dijunjung tinggi.

Bacaan Lainnya

”Si Kantang ini simpel. Mudah diingat dan menjadi salah satu buah yang cukup banyak dibudidayakan petani dan menjadi ciri khas Kotim. Setelah dicari tahu, kanas gantang sudah dipatenkan di Kotim,” kata Rifqi.

Baca Juga :  Setahun Ini Kriminalitas di Kobar Turun

Si Kantang juga dipilih sebagai maskot karena dinilai lebih unik dan informatif. Pemilik karya menggambarkan sebuah nanas dalam bentuk karikatur wajah tersenyum ceria bertubuh nanas dengan memakai pakaian adat, ditambah dua kaki dan mencantumkan informasi pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024.

”Tanaman kanas dari tumbuh berdiri tegak. Harapan kami, penyelenggara bisa terus menjaga independesi dan profesionalitas dalam melaksanakan setiap tahapan pilkada,” kata Rifqi.

Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor yang juga hadir dalam kegiatan itu mengajak masyarakat Kotim menggunakan hak pilihnya pada pilkada mendatang.

”Pemkab Kotim akan siap mendukung penyelenggara pemilu untuk menyukseskan Pilkada 2024. Saya juga mengajak masyarakat Kotim yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan datang langsung ke TPS,” katanya.

Halikinnor juga meyakini kedewasaan masyarakat Kotim dalam menggunakan hak pilih sudah dipahami dengan baik. ”Pilkada di Kotim sudah beberapa kali dilaksanakan, sehingga saya yakin kedewasaan politik di masyarakat sudah baik. Untuk itu saya mengapresiasi KPU Kotim yang sudah menyelenggarakan kegiatan peluncuran maskot Pilkada Kotim. Ini menunjukkan bahwa KPU Kotim sudah siap sepenuhnya melaksanakan seluruh tahapan pilkada,” katanya. (hgn/ign)



Pos terkait