Tumbang Tariak Juara 1 Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunung Mas

gumas
JUARA:  Pj Bupati Gumas Herson B Aden menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada Tumbang Tariak, yang diwakili Ketua BPD Diana di Kuala Kurun, Sabtu (17/8/2024).  (DISKOMINFOSANTIK GUMAS)

KUALA KURUN, radarsampit.com – Desa Tumbang Tariak Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalteng berhasil menjadi juara 1 lomba desa tingkat kabupaten pada tahun 2024.

“Sebagai juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Gumas adalah Tumbang Tariak. Sebagai juara 1, desa tersebut menerima uang pembinaan senilai Rp7 juta,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas Herson B Aden saat penyerahan hadiah di Kuala Kurun, Sabtu (17/8/2024).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya sebagai juara 2 adalah Karya Bhakti Kecamatan Rungan yang menerima uang pembinaan Rp6 juta, dan juara 3 adalah Tumbang Mantuhe Kecamatan Manuhing Raya yang menerima uang pembinaan Rp5 juta.

Tumbang Tariak secara otomatis menjadi wakil Gumas pada lomba desa di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah wilayah tengah. Di tingkat provinsi wilayah tengah, Tumbang Tariak berhasil menjadi juara 3.

Sementara sebagai juara 1 lomba desa Kalteng 2024 wilayah tengah adalah Desa Telaga Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan, dan juara 2 adalah Desa Pahawan Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau.

Baca Juga :  KPU Targetkan Angka Partisipasi Pilkada Kobar Capai 75 Persen 

“Keberhasilan Tumbang Tariak menjadi juara 3 lomba desa tingkat provinsi 2024 wilayah tengah patut kita syukuri,” kata Herson.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Yulius menyampaikan, pada tahun 2024 ini ada 11 desa yang berasal dari 11 kecamatan, yang mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

Sebelas desa tersebut yakni Tumbang Maraya Kecamatan Damang Batu, Dandang Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Mangkuhung Kecamatan Miri Manasa, dan Tumbang Habaon Kecamatan Tewah.

Kemudian Gohong Kecamatan Manuhing, Tumbang Mantuhe, Karya Bhakti, Jangkit Kecamatan Rungan Hulu, Pematang Limau Kecamatan Sepang, Tuyun Kecamatan Mihing Raya, dan Tumbang Tariak.

Kegiatan lomba desa untuk mengevaluasi, mendorong, dan memberi motivasi kepada pemerintah daerah, pemerintah desa serta masyarakatnya, untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.



Pos terkait