UMKM Jadi Penjaga Stabilitas Ekonomi Kotawaringin Timur

gebyar umkm
GEBYAR UMKM: Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam pembukaan Gebyar UMKM 2024 di Taman Kota Sampit, Jumat (6/9). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Bupati Kotim Halikinnor menegaskan peran vital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah. Hal ini disampaikan dalam pembukaan Gebyar UMKM Wilayah Barat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 di Taman Kota Sampit, Jumat (6/9).

“Gebyar UMKM merupakan salah satu wujud komitmen kita dalam mendukung kemajuan sektor usaha yang memiliki peran vital dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah,” tegas Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Bupati Kotim juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran atas dukungannya terhadap pengembangan UMKM. “Atas arahan beliau, kita terus berinovasi dan memperkuat daya saing produk-produk unggulan daerah kita di pasar yang lebih luas,” imbuhnya.

Halikinnor juga memberikan apresiasi khusus kepada Ketua TP PKK Provinsi Kalteng dan Wakil Gubernur Kalteng atas peran aktif mereka dalam memajukan UMKM melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga dan komunitas.

“Kehadiran serta dukungan dalam Gebyar UMKM ini menjadi motivasi tersendiri bagi para pelaku UMKM, khususnya kaum perempuan yang turut andil dalam pengembangan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Baca Juga :  Motor Dibawa Kabur saat Test Drive, Warga Baamang Lapor Polisi

Bupati Kotim yakin, kolaborasi antara pemerintah, pelaku UMKM, dan berbagai pihak terkait akan membawa UMKM Kalimantan Tengah khususnya Kotim semakin maju dan berdaya saing.

“Saya juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh pegiat UMKM yang hadir pada hari ini. Kalian adalah pejuang ekonomi yang terus beradaptasi dan berinovasi di tengah berbagai tantangan,” ujarnya.

Gebyar UMKM ini diharapkan dapat memperkuat jejaring usaha, memperluas pasar, dan meningkatkan kualitas produk UMKM di Kalimantan Tengah, sehingga mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Gebyar UMKM 2024 ini pertama kalinya dilaksanakan di Kalimantan Tengah dengan tema “Mari Kita Tingkatkan Kualitas Produk Usaha Mikro dan Kecil Guna Menghadapi Daya Saing Pasar Bebas”.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyebut bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menampilkan berbagai produk unggulan Pelaku Usaha Kalimantan Tengah, dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM, serta dapat menciptakan sistem jaringan usaha bagi produk melalui fasilitas kemitraan agar pemasarannya semakin luas.



Pos terkait