UMKM Jadi Pilar Ekonomi Kotawaringin Barat

Budi Santosa
Pj Bupati Kobar, Budi Santosa, saat menyapa pedagang pentol dalam sebuah kegiatan. (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ditengah derasnya arus globalisasi dan persaingan ekonomi yang semakin ketat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diharapkan mampu menjadi pilar penting dalam pembangunan ekonomi daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindag UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat, Alfan Khusnaini, menyampaikan pentingnya UMKM untuk terus maju dan berinovasi agar tidak tertinggal dalam perputaran roda ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Para pelaku UMKM harus mampu beradaptasi dan terus maju selangkah. Jika tidak, mereka akan tertinggal dan sulit bersaing. Perputaran ekonomi bisa berkembang jika UMKM kita bisa bersaing dan ini yang kita harapkan,” kata Alfan.

Menurutnya, UMKM memegang peranan penting dalam menggerakkan ekonomi lokal. UMKM adalah tulang punggung ekonomi daerah. “Mereka tidak hanya menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, tetapi juga menjadi sumber inovasi dan kreativitas yang tak ternilai,” jelasnya.

Baca Juga :  Truk Sawit Terguling Bikin Jalan Macet Pangkalan Bun - Kolam

Alfan mengakui bahwa UMKM di Kotawaringin Barat masih menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari akses permodalan yang terbatas, kurangnya pengetahuan tentang teknologi digital, hingga minimnya kemampuan untuk bersaing di pasar global.

“Kami di Disperindag UKM terus berupaya memberikan pendampingan dan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah agar mereka dapat berkembang, berinovasi, serta bersaing di pasar global dengan lebih efektif dan efisien. Melalui berbagai program pelatihan, akses permodalan, dan peningkatan kualitas produk, kami berkomitmen untuk memajukan sektor UKM,” pungkasnya. (sam/sla)



Pos terkait