Upaya Dinsos Kotim Tangani ODGJ Meresahkan

Orang yang Sama Diamankan Berulang Kali, Berharap Keluarga Lebih Peduli

boks odgj
DIPULANGKAN: Saidi, ODGJ yang berkali-kali ditangani Dinsos Kotim dipulangkan setelah menjalani perawatan di RSUD dr Murjani Sampit, Selasa (13/6). (Istimewa/Radar Sampit)  

Saidi pernah berjalan tanpa sehelai pakaian di Jalan Jenderal Ahmad Yani pada 15 Maret lalu. Dia kembali ditemukan telanjang sambil berjalan kaki di sekitar Terowongan Nur Mentaya pada 5 April.

Setelah videonya beredar di media sosial, Saidi diamankan Polsek Baamang dan kemudian dibawa ke Satpol PP Kotim, selanjutnya dibawa ke rumah sakit pada pagi harinya. Namun, sebelum dibawa ke rumah sakit, dia mencoba berniat kabur, sehingga pegawai Dinsos dan anggota Satpol PP Kotim kewalahan mengejarnya. Bahkan, pakaian yang sudah dipasang, dilepas lagi dan kembali berjalan dengan telanjang.

Bacaan Lainnya

Dinsos Kotim telah mengurus Saidi agar terdata sebagai peserta BPJS Kesehatan, sehingga bisa ditangani pihak rumah sakit dan biaya pengobatannya ditanggung pemerintah.

”Dia waktu itu masih belum punya kartu jaminan kesehatan. Kami bantu uruskan. Kartu keluarganya juga bermasalah. Di dalam satu keluarga ada sekitar sepuluh anggota dan sudah banyak yang sudah berumah tangga, sehingga pegawai BPJS mengarahkan agar KK-nya harus dipecah terlebih dahulu,” katanya. (***/ign)



Baca Juga :  Perlu Aksi Nyata Atasi Persoalan Rotan di Kotawaringin Timur

Pos terkait