Upaya Dishub Kotim Atasi Gelapnya Jalanan Kota Sampit

Ganti Lampu yang Dikeluhkan Warga, Rencanakan Tambah 1.100 Tiang PJU

pju sampit
PERBAIKAN: Perbaikan lampu PJU di sejumlah jalan oleh Dishub Kotim, Selasa (30/7/2024). (Istimewa)

Penerangan jalan umum merupakan fasilitas penting yang wajib dipelihara. Selain antisipasi kecelakaan di jalanan, hal itu juga bisa mencegah tindak kejahatan.

HENY, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Minimnya penerangan di Jalan Pemuda, Sampit, saat malam hari, jadi keluhan masyarakat yang kerap melintas. Hal itu langsung direspons Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

”Lampu penerangan jalan umum (PJU) sudah selesai diganti dan diperbaiki. Bisa dicek, PJU kembali terang menyala,” kata Rody Kamislam, Plt Kadishub Kotim, Selasa (30/7/2024).

Pergantian bohlam lampu LED merk Siklon hanya dikerjakan di lima titik PJU di Jalan Pemuda. Terutama dititik rawan kecelakaan.

”Lima titik PJU ini yang diperbaiki karena bohlam lampu LED-nya sudah rusak alias mati dan diganti lampu LED. Sebagian titik lainnya yang spiral masih hidup,” katanya.

Baca Juga :  Ruslan Akhirnya Dikirim ke Nusakambangan

Terkait usulan masyarakat untuk menambah tiang PJU di Jalan Pemuda dan Pramuka, Rody melanjutkan, akan dianggarkan tahun 2025. Rencananya untuk 170 titik tiang di sepanjang Jalan Pemuda-Pramuka.

”Sepanjang Jalan Pemuda-Pramuka memang masih perlu ditambah tiang PJU. Sudah bertahun-tahun masyarakat mengusulkan agar ditambah penerangan, karena di Jalan Pemuda-Pramuka rawan begal,” katanya.

“Ini akan diusahakan tahun 2025. Total ada 1.100 titik. Ada yang penambahan tiang PJU dan ada juga pergantian bohlam lampu LED yang nanti akan dikerjakan secara bertahap,” lanjutnya.

Pihaknya juga merespons keluhan masyarakat menyediakan tiang PJU di arah jalan masuk Bandara Haji Asan Sampit.

”Jalan menuju Bandara dan Samekto tahun ini sudah dipasang 55 titik tiang PJU baru, sehingga masyarakat yang keberangkatan atau kedatangan jam penerbangannya malam hari dapat melewati jalan keluar masuk bandara dengan penerangan yang cukup,” katanya. (***/ign)



Pos terkait