Warga Sidorejo Resah Terganggu Bau Busuk Limbah Ayam dari TPS

limbah ayam
BIKIN RESAH: Lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah bulu ayam di Jalan Padat Karya Kelurahan Sidorejo. 

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng khususnya di sekitar Jalan Padat Karya, merasa resah akibat ulah oknum yang kerap membuang limbah bulu ayam di tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Limbah bulu ayam yang berbau menyengat ini tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar.

Bacaan Lainnya

Kejadian terbaru yang memicu kemarahan warga terjadi di TPS dekat Panti Asuhan Al Hidayah, di mana sebuah kendaraan terlihat membuang limbah bulu ayam tanpa memikirkan dampak buruk terhadap lingkungan. Salah satu warga, Babah Nabilah, mengungkapkan kejadian tersebut di akun Facebook pribadinya.

“Tadi kami melihat kendaraan ini membuang limbah bulu ayam di TPS Jalan Padat Karya Gaya Baru, Kelurahan Sidorejo, di Pojok Panti Asuhan Al Hidayah. Sayangnya, saya hanya sempat memfoto dari kejauhan,” tulisnya dalam unggahannya pada Kamis (15/8/2024).

Baca Juga :  Melihat Keseharian Nelayan Sungai Umbang 

Unggahan tersebut langsung mendapatkan banyak tanggapan dari warga lain yang turut menyatakan kekecewaan dan kemarahan terhadap tindakan tidak bertanggung jawab tersebut.

Mereka berharap agar pelaku lebih sadar akan dampak dari perbuatannya dan membuang limbah seperti bulu ayam ini langsung ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Tranlik Pasir Panjang, bukan di TPS sembarangan.

Menanggapi keluhan warga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringin Barat Fitriyana menyayangkan tindakan oknum yang membuang limbah secara sembarangan tersebut. “Kami sangat menyesalkan kejadian ini. Limbah bulu ayam seharusnya langsung dibuang ke TPA yang telah ditentukan, bukan di TPS sembarangan. Kami akan melakukan pemantauan lebih ketat dan jika diperlukan, memberikan sanksi kepada pelaku yang tidak mematuhi aturan ini,” ujar Fitriyana.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan segera melaporkan jika melihat tindakan serupa di lingkungan mereka. Fitriyana berharap kerja sama antara warga dan pemerintah dapat memperbaiki masalah ini dan menjaga kebersihan lingkungan.



Pos terkait