Wisuda Penuh Haru, Orang Tua Wakili Anaknya yang Meninggal Dua Hari Sebelumnya

wisuda
Suasana haru menyelimuti proses wisuda Universitas Negeri Semarang (UNNES) ke -122 saat orang tua wisudawati atas nama Wildan Rochmawati yang meninggal akibat kecelakaan naik ke panggung. (ISTIMEWA)

Radarsampit.com – Suasana haru melanda prosesi wisuda di Universitas Negeri Semarang (UNNES) ke-122, di Auditorium Prof Wuryanto, Selasa (9/7/2024). Rektor UNNES Prof S Martono tak kuasa menahan air mata.

Ia menitikkan air mata saat orangtua wisudawati bernama Wildan Rochmawati yang meninggal dunia karena kecelakaan, Minggu (7/7/2024) lalu, naik ke atas panggung.

Bacaan Lainnya

Keduanya hadir mewakili putri tercintanya yang seharusnya diwisuda hari itu.

Takdir berkata lain. Dua hari sebelum wisuda, mahasiswi Ilmu Sejarah UNNES itu tewas kecelakaan di Jalan Dewi Sartika, Deliksari, Gunungpati, Kota Semarang.

Wildan sendiri sudah dinyatakan lulus pada Mei lalu. Namun baru mengikuti proses wisuda pada Selasa (9/7/2024).

Namanya bahkan tercatat sebagai wisudawati termuda dan tercepat dengan masa studi 3 tahun 8 bulan 13 hari di Prodi Ilmu Sejarah. Sebelumnya orang tua Wildan dikabarkan tidak bisa hadir karena masih suasana berkabung.

Baca Juga :  Ribuan Emak-Emak Sampit "Serbu" Markas Tentara

Namun keduanya tetap hadir, sehingga membuat haru proses wisuda. Peserta wisuda lainnya pun nampak menitikkan air mata, termasuk rektor dan jajarannnya.

“Sebelumnya memang dinyatakan tidak bisa hadir, namun orang tuanya pada hari H siap untuk hadir,” kata Kepala Humas UNNES Rahmat Petuguran saat dihubungi Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (9/7/2024).

Ijazah diserahkan langsung oleh Rektor S Martono didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Zaenuri kepada kedua orang tua dan kakak Wildan yang hadir dalam prosesi wisuda tersebut.

“Penyerahan ijazah diberikan karena Wildan adalah mahasiswi yang telah menyelesaikan studi dan secara akademik telah dinyatakan lulus pada Mei 2024. Almarhumah juga berhak menyandang gelar sebagai Sarjana Sosial (S.Sos),” ujar Rahmat.

Informasi tersebut didapat dari portal wisuda Unnes wisuda.unnes.ac.id/statistik/. Wildan Rochmawati berada didaftar wisudawan yang akan dilaksanakan pada Selasa (9/7/2024).

Wildan mendapat kategori sebagai wisudawan termuda dengan studi tercepat dengan masa studi 3 tahun, 8 bulan, 13 hari di Prodi Ilmu Sejarah. (jpc)



Pos terkait