BPBD Kotim Dinginkan Lahan Bekas Terbakar

Lahan Bekas Terbakar
HANGUS: Anggota BPBD Kobar melakukan pendinginan di lahan bekas terbakar di Desa Kubu Kecamatan Kumai, Jumat (28/5).(BPBD KOBAR/RADAR PANGKALAN BUN )

PANGKALAN BUN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat lakukan pendinginan lahan bekas kebakaran di Desa Kubu Kecamatan Kumai, Jumat (28/5).

Plt Kepala BPBD Kobar Tengku Ali Syahbana mengatakan, kebakaran lahan di Kubu itu terjadi pada Rabu (26/5) lalu. Guna mencegah munculnya api dan membesar kembali, tim turun ke lapangan untuk melakukan pendinginan. “Setelah kebakaran hari Rabu, ternyata api kembali muncul pada hari ini (kemarin). Sehingga membuat lahan kembali terjadi,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya kemunculan api di lahan bekas terbakar itu diketahui berkat laporan masyarakat. “Peran aktif masyarakat sangat kita butuhkan tidak hanya membantu sosialisasi pencegahan karhutla, penanganan saat karhutla, namun pasca karhutla juga akan snagat membantu,” terangnya.

Ia menyebut sekitar tiga hektare lahan dilakukan pendinginan dengan penyiraman kembali untuk memastikan api dan bara benar-benar telah padam. “Pendinginan ini juga terbantu dengan hujan  yang sempat mengguyur kawasan tersebut,” pungkasnya. (rin/sla)

Baca Juga :  Rekreasi Rumah Makan Tepian Pantai Pesisir Sukamara

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *