Kasus Covid-19 Mulai Melandai, Potensi Penularan Masih Sangat Besar

Tingkat Kematian Masih Tinggi

kematian
ILUSTRASI.(NET)

SAMPIT – Kasus penyebaran virus itu di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai melandai. Namun, persentase kasus kematian di Kotim masih tinggi. Di sisi lain, ancaman penularan juga masih sangat besar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi mengatakan, case fatality rate (CFR) pada 29 Agustus di angka 4,02 persen, sedangkan data 31 Agustus 2021 CFR berada di angka 3,98 persen.

Bacaan Lainnya

”Kasus Covid-19 belakangan ini memang melandai, tapi tingkat kematiannya yang masih tinggi,” sebut Umar.

Meski kasus terkonfirmasi positif Covid-19 melandai, dia meminta agar kegiatan yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19 agar ditunda.

“Kurangi dulu aktivitas yang berpotensi terhadap penularan,” ucapnya.

Menurutnya, kasus Covid-19 di Kotim belum benar-benar turun. Kapanpun bisa saja terjadi peningkatan, apalagi jika tidak dibarengi penerapan disiplin protokol kesehatan.

“Mobilitas di Kotim sangat tinggi, sehingga kita perlu waspada terhadap penularan virus ini,” terangnya.

Baca Juga :  Banjir Kian Parah, Hujan Jadi Kambing Hitam

Umar bersyukur satu pekan terakhir nihil kasus kematian di Kotim, dia berharap kasus terkonfirmasi positif di Kotim juga terus menurun.

Sementara itu berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Kotim pada 31 Agustus 2021, total terkonfirmasi berjumlah 5.049 kasus, total sembuh 4.700 orang, kasus aktif 148 orang, sedangkan total meninggal berjumlah 201 orang. (yn/yit)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *