KPU Kobar Ajak Warga Berpartisipasi

Chaidir
Chaidir, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat

Dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

PANGKALAN BUN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengimbau agar masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB). PDPB ini bertujuan untuk memperbaharui dan mempermudah proses pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada tahapan Pemilu/Pemilihan berikutnya.

Bacaan Lainnya

Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) diperbaharui dengan mekanisme koordinasi dengan instansi, dinas terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Kabupaten Kotawaringin Barat, Polres Kotawaringin Barat, Kodim 1014 Pangkalan Bun, dan Kantor Pengadilan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pemutakhiran mencakup menambahkan pemilih Baru apabila belum terdaftar, mencoret pemilih yang Tidak Memenuhi  Syarat (TMS) dan perubahan elemen data pemilih diantaranya 1 Belum terdaftar sebagai Pemilih. 2 Mengalami perubahan administrasi Kependudukan seperti ganti Kartu Keluarga. 3 Status pernikahan. 4 Alamat domisili dan lain-lain.

Baca Juga :  Sembilan Hari Menghilang, Warga Kerabu Ditemukan Tewas di Hutan

Kemudian poin 5 Pemilih pemula yang baru berusia 17 Tahun. 6 Terdapat anggota keluarga yang meninggal dunia. 7 Anggota TNI/Polri yang telah Pensiun ataupun yang baru menjadi Anggota TNI/Polri.

“Bagi yang ingin melaporkan ataupun mendaftarkan diri sebagai Pemilih, bisa melalui Kantor KPU Kabupaten Kotawaringin Barat, jalan Iskandar No. 3, Pangkalan Bun atau secara online via http://s.id/daftarpemilihkobar,” ungkap  ungkap Ketua KPU Kobar, Chaidir.

Ia membeberkan sebagaimana amanat Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 bahwa melaksanakan PDPB sudah harus dimulai sejak Bulan April 2021. “Untuk itu hingga saat ini, KPU Kobar terus bergerak melaksanakan PDPB sebagai upaya memutakhirkan data pemilih sebagai bahan persiapan pelaksanaan pemilu dan pemilihan selanjutnya,” pungkasnya. (sam/sla)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *