Satpol PP Siap Tangkap Pembuang Sampah Sembarangan

sampah
JOROK: Pengguna jalan melintas di depan sampah yang berserakan di Jalan Ki Hajar Dewantara, Sampit, Senin (9/8) lalu. (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) siap menjalankan perintah Bupati Kotim Halikinnor untuk menangkap masyarakat yang ketahuan membuang sampah sembarangan.

”Kami akan sesuaikan dengan aturannya supaya tak salah langkah. Yang pasti, apa pun yang diperintahkan Bupati Kotim, kami siap back up,” kata Plt Kepala Satpol PP Kotim Simson Kaharap Duling, Jumat (3/9).

Bacaan Lainnya

Tindakan oknum masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat masih terjadi di Kota Sampit. Pinggir Jalan MT Haryono Barat, Pelita Barat, Moh Hatta hingga wilayah padat permukiman, seperti Jalan Ki Hajar Dewantara, Agatis, Pemuda, Muchran Ali, kerap menjadi sasaran warga untuk membuang sampah.

Perbuatan yang sangat tidak mencerminkan kebersihan lingkungan tersebut sebenarnya telah berulang kali diperingatkan pihak RT dan lurah dengan memasang spanduk imbauan. Bahkan, ada warga yang tak tahan dengan ulah oknum membuang sampah sembarangan dengan memilih menutup akses jalan dan memasang portal.

Baca Juga :  Satpol PP Diminta Lebih Humanis

Simson menuturkan, pihaknya akan melakukan patroli rutin ke lokasi yang biasa dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan. ”Terima kasih informasinya. Yang pasti patroli akan saya arahkan ke situ,” tandasnya.

Bupati Kotim Halikinnor sebelumnya geram dengan perbuatan warga yang masih membuang sampah sembarangan di pinggir jalan. Dia memerintah Satpol PP Kotim menangkap warga yang nyampah sembarangan.

”Satpol PP yang melihat oknum masyarakat buang sampah sembarangan, tangkap saja! Jangan dibiarkan,” kata Halikinnor.

Halikinnor menegaskan, menjaga lingkungan untuk selalu bersih adalah untuk kebaikan masyarakat itu sendiri. ”Lingkungan bersih, udara sejuk, badan sehat jauh dari penyakit. Lingkungan kotor bisa membuat badan menjadi tidak sehat. Ingin sehat, ya jaga lingkungannya,” tegasnya. (hgn/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *