Wabup Kotim Ingin Tingkatkan Budaya Literasi di Desa

Literasi di Desa
KUNKER: Wakil Bupati Kotim Irawati saat meninjau perpustakaan di Kantor Desa Bagendang Hilir Permai Kecamatan Mentaya Hilir Utara Kotim, Senin (7/6).(ISTIMEWA )

SAMPIT-Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati meninjau perpustakaan di Kantor Desa Bagendang Hilir Permai Kecamatan Mentaya Hilir Utara Kotim,  dalam rangka persiapan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi, Senin (7/6).

Pada kesempatan itu ia menyatakan, keikutsertaan Kabupaten Kotim dalam lomba perpustakaan desa tingkat provinsi ini menjadi motivasi bagi seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Kotim untuk mengembangkan budaya literasi.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin pemerintah desa/kelurahan menjadi pelopor pendorong budaya minat baca bagi masyarakat,” sebutnya.

Menurutnya,  dengan adanya lomba ini menjadi motivasi sekaligus apresiasi bagi perpustakaan umum desa/kelurahan untuk mengembangkan dan meningkatkan penyelenggaraan serta pengelolaannya.

Dengan begitu, bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan dapat memberikan manfaat dalam rangka peningkatan literasi sumber daya manusia di tingkat desa/kelurahan.

Irawati berharap,  dengan adanya perpustakaan di tingkat desa dapat menjadi pendorong partisipasi aktif masyarakat untuk mengembangkan diri dengan cara belajar mandiri. Sebab menurutnya tidak ada artinya dengan adanya perpustakaan desa/kelurahan, dengan berbagai macam koleksinya, jika masyarakat tidak memanfaatkan buku bacaan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Wabup Seruyan Berharap Pelni Segera Layani Teluk Segintung

”Saya berharap buku-buku di perpustakaan tidak hanya sekadar dibaca untuk menambah wawasan. Akan tetapi bisa menjadi ilmu dan memberikan manfaat bagi yang membacanya,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, Irawati melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah warga di Puskesmas Bagendang. (yn/gus) 

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *